PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA TEMA LINGKUNGANKU PADA GURU PAUD DI TK LILY KELURAHAN LIMO DEPOK

Soffi Soffiatun, Wiwit Kurniawan, Enok Nurhasanah, Fanni Erda Tassia

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu Pendidikan dasar dalam pembentukan karakter setiap individu yang diterapkan melalui Lembaga Pendidikan Usia Dini baik itu Taman Kanak-Kanak (TK) maupun pada Lembaga Pendidikan Usia Dini (PAUD). Pendidikan yang dikembangkan dan masuk dalam kurikulum Pendidikan karakter dyang ada di Usia Dini salah satunya bertema Lingkungan, yang mana anak-anak dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk bisa mengenal lingkungannya yaitu lingkungan Keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan sosial sekitarnya. Di era yang semakin modern dan canggih yang hamper seluruh aspek kehidupan ini selalu berdampingan dnegan teknologi dirasa semakin perlu penguatan karakter pada anak-anak terkait lingkungan di era modern dan serba digital ini, agar anak-anak tidak lalai bahwa meski jaman semakin modern dan serba digital mereka tetap memiliki karakter yang kuat dan paham mennunjung tinggi norma, adab dan budaya dengan mental yang baik dilingkungan sehari-harinya. Untuk mendukung penguatan tersebut dilaksanakannya Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Pada Tema Lingkungan Bagi Guru PAUD di Kelurahan Meruyung. Pelatihan ini diikuti oleh 12 orang Guru PAUD dan kegiatan berlangsung di TK Lily Pre School sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang aktif dalam melakukan kegiatan tidak hanya dalam bidang pengajaran bagi anak-anak usia dini namun juga aktif melakukan sharing serta diskusi dengan guru-guru PAUD yang berada dalam satu Kecamatan Limo termasuk di Kelurahan Meruyung. Kegiatan Pelatihan ini dilaksanakan lebih berfokus pada memberikan sharing informasi bagaimana guru-guru PAUD tersebut dalam mengembangkan bahan ajar dengan tema lingkungan yang bersifat lebih konkret kepada anak dnegan sumber belajar yang ada dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


PAUD; Lingkungan; Pengembangan Bahan Ajar

References


Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.

Ditaningtyas, W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Buku Cerita Bergambar (Cergam) Tema 3 Subtema 3 (Ayo Cintai Lingkungan) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Skripsi, University of Muhammadiyah Malang).

Hidayati, T. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Suplemen History Of Mathematics. Pena Persada.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169-178.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesai No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini pada Bab VII Pasal 24 (1)

Yulianti, D., Rida, N. S., & Diana, D. (2014). Pengembangan karakter peduli lingkungan anak usia dini melalui buku cerita bermuatan sains berwawasan konservasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(1).

Yulianti, R. (2016). Pembelajaran tari kreatif untuk meningkatkan pemahaman cinta lingkungan pada anak usia dini. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 1(1).

Undang Undang No.14 tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 (1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.