Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong

Authors

  • Rosa Lesmana Universitas Pamulang
  • Nardi Sunardi Universitas Pamulang
  • Muliahadi Tumanggor Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v1i2.4805

Abstract

Pengabdian ini berjudul Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dan bisnis.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen untuk meningkatkan motivasi. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah perlunya mengadakan penyuluhan, pelatihan dan simulasi untuk membangkitkan motivasi buat masayarakat khusunya untuk masyarakat di padaama di daerah rejang lebong, Perlu adanya akses ke dinas terkait seperti Dinas pendidikan Rejang Lebong untuk membantu terwujudnya pedidikan yang unggul dengan memperhatikan kesejahtraan guru yang ada di daerah, perlu dukungan motvasi dari semua pihak baik itu pemda maupuun masyarakat sekitarnya.

Kata Kunci : Manajemen :  Motivasi Siswa dan Guru

References

Alfiah, S., Andriani, J., Lesmana, R., Sunardi, N., & Furyanah, A. (2019). Manajemen Pengelolaan Desa Wisata Pada Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Privinsi Jawa Barat (Studi Kasus pada Curug Paok dan Bukit Pasir Jaka). Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Damin, Sudarman. (2004). Inovasi Pedididkan. Bandung: Pustaka Setia

Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Handoko, T. Hani, 1992. Manajemen personal dan sumber daya manusia, edisi kedua, cetak ke empat. Penerbit yogyakarta: UGM

Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Maddinsyah, A. M., Kustini, E., & Syakhrial, S. (2018). Penyuluhan Manajemen Pemanfaatan Sumber Daya Alam Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Kampung Ciboleger Lebak-Banten. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1).

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sardiman, AM.1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Sardiman,A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo. Sardirman,A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Sardiman, AM.1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sardirman,A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.

Siti Suprihatin (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Jurnal Promosi, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, ISSN: 2442-9449 Vol.3.No.1 (2015) 73-82

Sukadi, (2006)Guru Powerful Guru Masa Depan. Bandung

Sunardi, N. (2019). Relevansi Intelectual Capital terhadap Harga dan Retun Saham di Industri Perbankan Pemerintah di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Wuitt,W.(2001). Motivation To Learn. An Overview. Educational Psychology Interactive. Valdosta: Saldosta State University

Published

2020-04-01