PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT SURYA MOTOR DI CIKUPA
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v1i4.10706Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Surya Motor di Cikupa. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel ekuitas merek diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,410 dengan kriteria baik. Variabel keputusan pembelian diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,815 dengan kriteria baik. Ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai persamaan regresi Y = 9,123 + 0,851X, dan nilai koefisien korelasi 0,756 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 57,2%. Uji hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.
References
Aaker, A. David. “Manajemen Ekuitas Merek Alih bahasa oleh Aris Ananda", Cikupa: Mitra Utama. 2008.
Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti, “Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah-masalah Sosialâ€, Yogyakarta: Gaya Media. 2007.
Ahidin, Umar, “Riset pemasaran dan bisnisâ€, Cikupa: Gramedia Pustaka Utama, 2010.
Ahmad, Subagio, “Marketing In Businessâ€, Cikupa: Mitra Wacana Medi. 2010.
Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.
Alma, Buchari. “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasaâ€, Bandung: Alfabeta. 2013.
Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Cikupa: Rineka Cipta.
Arikunto. “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktekâ€, Cikupa: Rineka Cipta. 2010.
Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.
Basu Swastha dan Irawan, “Asas-asas Marketingâ€, Yogyakarta: Liberty. 2005,
Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.
Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Cikupa: PT. Gramedia Pustaka.
Brown,H. Douglas, “Teaching by Principle An Interactive Approach to Language Pedagogyâ€, San Francisco: Longman. 2001.
Deliyanti Oentoro, “Manajemen Pemasaran Modernâ€, Yogyakarta: LakBang PRESSindo. 2010.
Erlangga, H. (2018). Spirit Pengembangan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(2), 102-127.
Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Cikupa: Edisi tiga. Andi.
Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Cikupa: Gramedia Pustaka Utama.
George Terry R & Rue, Leslie W. Rue (2016) Dasar-Dasar Manajemen, Cikupa Bumi Aksara.
Ilham, D. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Mata Pelajaran Umum dalam Upaya Peningkatan Akhlak Peserta Didik di MAN Malili Kabupaten Luwu Timur (Doctoral dissertation, STAIN/IAIN Palopo).
Ilham, D. (2019). Implementing Local Wisdom Values in Bride and Groom Course at KUA Bara SubDistrict, Palopo City. Jurnal Konsepsi, 8(1), 1-9.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.
Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
J. Setiadi, Nugroho, SE., MM., “Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaranâ€, Cikupa: Kencana. 2003.
Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Cikupa: Erlangga.
Lamb, Charles. W, Et al, “Pemasaran Buku", I. Edisi I. Cikupa : Salemba Empat. 2011.
Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Cikupa: Salemba Empat.
Mani, J. (2017). Pengaruh Persepsi Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Bisma Narendra Di Cikupa). Jurnal Mandiri, 1(2), 187-206.
Mani, J. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan Dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Mandiri, 2(2), 263-280.
Mulyadi, “Manajemen pemasaranâ€, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga, Penerbit Cikupa: Salemba Empat. 2001.
Nurhayati, N. I. D. N., Hindarsah, I., Sos, S., Erlangga, H., Sos, S., & Maun Jamaludin, I. (2018). Pelatihan Pembukuan Di UKM Sumpia Chantika Dewi Cimindi Cimahi. Laporan Program Kepakaran Fisip Unpas Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Akademik 2016/2017, 1-22.
Nurjaya, N., & Maulida, N. (2018). Tingkat Kesukaan Konsumen Pada Atribut Beras Pandanwangi Murni Cianjur. AGROSCIENCE (AGSCI), 8(1), 107-121.
Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Cikupa: PT. Indeks.
Rangkuti, Freddy, “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnisâ€, Cikupa : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama . 2014.
Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysisâ€, The Asian.
S. A. Surachman, “Dasar-Dasar Manajemen Merekâ€, Malang: Bayumedia Publishing. 2008.
Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Cikupa: PT Elex Media Komputindo.
Setiadi, Nugroho J, “Perilaku Konsumenâ€, Cikupa: Kencana. 2010
Siregar, Sofyan, “Statistika Deskriptif untuk penelitianâ€, Cikupa: Rajawali Pers. 2010.
Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.
Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.
Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta
Supardi. “Manajemen pemasaranâ€, Cikupa: Raja Grafindo Persada. 2014.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).