Pengaruh Experiental Marketing Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Eiger Store Sorong

Jumarni Muhammad Saleh, Wisang Candra Bintari, Muhammad Ali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan brand image secara simultan terhadap kepuasan pelanggan di Eiger Store Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toko Eiger Sorong. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampel 67 konsumen. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan Experiential Marketing dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan pada Eiger Store Sorong. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 40,491 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,561 atau 56,1%.

Keywords


Experiential Marketing, Brand Image, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Andrieani, A. (2016). Pengaruh Experiental Marketing dan Brand Image Terhadap Minat Berkunjung Kembali ( Studi Kasus Pada Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Ardani, W., Rahyuda, K., Giantari, I. G. A. K., & Sukaatmadja, I. P. G. (2019). Customer satisfaction and behavioral intentions in tourism: A literature review. International Journal of Applied Business and International Management (IJABIM), 4(3), 84-93.

Arsjad, M. P. (2019). Pengaruh Experiential Marketing, Kualitas Pelayanan Dan Driver At

Asih, P. S., et al. 2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fastfood KFC Di Kota Sorong (Studi Kasus Mega Mall Kota Sorong). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 352-356.

Cintya, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk “Supermi” di Kecamatan Genuk Semarang). Skripsi, 106.

Dwiastuti, A. L. (2016). Pengaruh Experiental Marketing dan Bramd ImageTerhadap Kepuasan Pelangan Indihome PT. Telkom Akses Medan. Universitas Medan Area.

Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Zara Di Mall PVJ Bandung. Agustus, 3(2), 1949.

Kartajaya, H., Indrio, B. D., & Madyani, D. (2004). Marketing in venus. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Iq0_5sHZqPgC&oi=fnd&pg=PR10&dq=Kartajaya,+H.,+Indrio,+B.+D.,+%26+Madyani,+D.+(2004).+&ots=mEazthFq10&sig=vYbMiJMetsFyYyQJWdOQHPqiiEU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Kho, Dessy Prayogo, F. A. (2014). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Persepsi Nilai Sebagai Variabel Perantara Di TX Travel Surabaya.

Kotler, P., Armstrong, G., Saunders, J., & Wong, V. (2003). Rinkodaros Principai (Lithuanian Translation of Principles of Marketing: 3rd European Edition). https://www.google.co.id/search?tbm=bks&hl=id&q=+Kotler%2C+P.%2C+Armstrong%2C+G.%2C+Saunders%2C+J.%2C+%26+Wong%2+V.+%282003%29.+Rinkodaros+Principai+%28Lithuanian+Translation+of+Principles+of+Marketing%3A+3rd+European+Edition%29.

Lullulangi, I. R. (2014). Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus : Sop Buah “ X ” Kota Semarang ).

Maddinsyah, A., et al. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Murdani, N. K., Ardani, N. W., & Prayoga, K. P. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Yang Dimediasi Oleh Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pengguna Kartu Perdana Telkomsel. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(1), 97-105.

ps://doi.org/10.31227/osf.io/tcdmh

Purba, S. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan GrabCar di KOTA MEDAN. 26–32. https://doi.org/10.31227/osf.io/grq7j

Rasyid, N., et al. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Di Makassar. SENTRALISASI, 7(2), 11-27.

Rofianto, W., et al. (2021). Cultural Product Branding, Antecedents, And Its Implications: A Study On The Context Of Indonesian Batik. International Journal Of Social, Policy And Law, 2(2), 37-46.

Syarif, K. (2010). Analisis Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Survei Konsumen di Kota Bogor. Ilmiah Manajemen, 1, 14–23.

Tjiptono, F. F. dan G. C. (2012). Pemasaran Strategik. ANDI, YOGYAKARTA. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2124

Wangsi, M. M., et al. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/JEE.v4i1.14499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.