Pengaruh Promosi Online Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Griya Pink Kota Sorong

Rizki Mutma Inna, Latifah Dian Iriani, Bekti Wiji Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi online terhadap loyalitas pelanggan pada toko Griya Pink dan Pengaruh Kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada toko Griya Pink. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 responden pelanggan toko Griya Pink. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Uji hipotesis menggunakan uji t sedangkan untuk menganalisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien variabel dengan arah positif serta variabel promosi online (X1) T hitung > T tabel (9.823>1.997) signifikan 0.000, variabel kualitas produk (X2) T hitung > T tabel (12.812>1.997) signifikan 0.000. Berpengaruh positif terhadap Loyalitas pelanggan secara parsial. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 72.3% artinya seluruh variabel independen berperngaruh sebesar 72.3% terhadap variabel dependen. Sisanya 27.7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Promosi Online, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Ardani¹, W., Rahyuda, K., Giantari, I. G. A. K., & Sukaatmadja⁴, I. P. G. (2020). Supply chain strategy in tourism industry for antecedents and consequences of foreign tourists shopping satisfaction on revisit intention at traditional souvenir market. Int. J Sup. Chain. Mgt Vol, 9(3), 1268.

Astrid, dewi Kusumastuti. 2009. Sikap terhadap pengguna facebook. Masterthesis. Jakarta: Universitas Bina Nusantara

Dinysabila. 2014. Skala Pengukuran dan InstrumenPenelitian. Diambil pada tanggal 20 juli 2019. Dari :https://dinysabila.wordpress.com/2014/01/06/skala-pengukuran-dan-instrumenpenelitian/

Djamhari, yogi nurhadi, 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelangan Produk The Kanza Accessories Di Online Shop. Bandung : Jurnal Penelitian

Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supratikno, 2003. Inovasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gazzan, Farizz. 2014. Catatan Marketing. Diambil tanggal 20 juli 2019. Dari: https://catatanmarketing.wordpress.com/tag/pengertian-marketing-mix-menurutpara-ahli/

Maddinsyah, A., et al. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Noor, Juliansyah. 2017. Metode Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya ilmiah. Edisi Pertama. Cetakan ke 7. Jakarta: Kencana

Prastowo, Lancarya. 2016. Pengaruh Promosi Online Terhadap Keputusan Pembelian. Purworejo : Jurnal Penelitian

Psikologi, Sosial. Pengertian intensitas Interaksi. Diambil pada tanggal 18 juli 2019. Dari: https://www.psycologymania.com/2012/12/pengertian intensitas komunikasi.html?m=1

Rasyid, N., et al. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Di Makassar. SENTRALISASI, 7(2), 11-27.

Rofianto, W., et al. (2021). Cultural Product Branding, Antecedents, And Its Implications: A Study On The Context Of Indonesian Batik. International Journal Of Social, Policy And Law, 2(2), 37-46.

Roromenggolo, Sigit. 2013. Analisis Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian.

Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Depublish

Sanusi. Moh. 2015.Peran Media Sosial Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Jurnal Penelitian.

Saputri, Eviana Herlin. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Konsumen yang berdampak pada Loyalitas Pelanggan (Studi pada konsumen Pengguna Tas Elizabeth di semarang). Semarang: Jurnal

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press

Suryati, Lili,, 2015. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama, Penerbit Depublish, Yogyakarta

Wangsi, M. M., et al. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/JEE.v4i1.14502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.