Pengaruh Kualitas Jasa Dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Grab (Studi Kasus Pada Pelanggan Grab Kota Sorong)

Rismawati Rismawati, Ahmad Jamil, Febry Jein Andjar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Kualitas Jasa dan Kewajaran Harga terhadap Kepuasan Pelanggan menggunakan Jasa Grab. Populasi 97 pelanggan Grab Kota Sorong. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Metode pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan analisis kuantitatif yang meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis melalui uji F dan uji t serta analisis koefisien regresi (R2). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 4,361 dengan probabilitas sebesar 0,000. Kewajaran harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan sebesar 4,061 dengan probabilitas 0,000. Kualitas jasa dan kewajaran harga berpengaruh positif sebesar 77,912 dengan probabilitas sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu kualitas jasa dan kewajaran harga berpengaruh signifikan secara simultan.

Keywords


Kualitas Jasa, Kewajaran Harga, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Ardani, W. (2019). Effect Of Product Innovation And Brand Awareness On Product Purchase Decisions Of PT. Unilever Indonesia. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 2(1), 151-165.

Asih, P. S., et al. 2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fastfood KFC Di Kota Sorong (Studi Kasus Mega Mall Kota Sorong). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 352-356.

Basu Swata, D. dan I. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.

Bitner, V. A. Z. M. J. (2008). Service Marketing. The McGraw-Hill Companies, Inc.

Buchari Alma. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Edisi Revi). CV. Alfabeta.

Farida Jasfar. (2005). Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Galia Indonesia.

Handoko, T. H. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (Edisi ke 2). BPFE.

Husein Umar. (2005). Metode Penelitian Untuk Tesis dan Bisnis (Grafindo P).

J. Paul Peter, J. C. O. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Edisi 9). Salemba Empat.

Kanuk, S. dan. (2008). Perilaku Konsumen (Edisi 7). Indeks.

Keller, K. &. (2006). Manajemen Pemasaran. PT. INDEKS.

Kotler, P, Astrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12). Erlangga.

Kotler, P. (1980). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. PT Macanan Jaya.

Kotler, Philip, dan K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi ke 1). Erlangga.

Lovelock, C, dan J. W. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif (Edisi 7). Erlangga.

Lupiyoadi dan Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi kedu). Salemba Empat.

Maddinsyah, A., et al. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Malhotra. (2007). Marketing Research An Applied Orientation (Internasio). Pearson.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Remaja Rosdakarya.

Molina, C. . (2007). An Integrated Model of Price Satisfaction and Loyality. Journal of Product & Brand Management.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Galia Indonesia.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

Rasyid, N., et al. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Di Makassar. SENTRALISASI, 7(2), 11-27.

Rosad, S. &. (2015). Manajemen Pemasaran. IN MEDIA.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (n.d.). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi 3). ANDI.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran (Edisi 3). ANDI.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip Penerapan, dan Penelitian. ANDI.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. ANDI.

Wangsi, M. M., et al. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/JEE.v4i1.14513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.