Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Vega Hotel Kota Sorong

Authors

  • Aprilia Kabalmay Universitas Muhammadiyah, Sorong
  • Ramli Lewenussa Universitas Muhammadiyah, Sorong
  • Rais Dera Pua Rawi Universitas Muhammadiyah, Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v4i1.14517

Keywords:

Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Fasilitas dan Kepuasan Konsumen yang mempengaruhi kepuasan Konsumen menggunakan jasa Vega Hotel Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif Deskriptif dan Korelasi. Populasi berjumlah 38 orang dengan sampel berjumlah 35 orang diturunkan dari rumus slovin. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear bergandadan pengujian hipotesis (uji-t dan uji koefisien determinasi). Data primer penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada resonden dan di kumpulkan kembali, dengan menggunakan pengukurannya yaitu skala likert. Hasil dari analisis regresi linear berganda yang telah dilakukan menggunakan program aplikasi SPSS versi 20 for windows di peroleh hasil Y = -6.918 + 0,507X1 + 0,542X2 Hasil uji t melalui pengujian hipotesis dan kemudian dibandingkan dengan t tabel yaitu n = jumlah sampel 35 dengan α = 0,05 maka didapat tabel sebesar 1.68957.

References

Ardani, W. (2019). Effect Of Product Innovation And Brand Awareness On Product Purchase Decisions Of PT. Unilever Indonesia. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 2(1), 151-165.

A, U. (2003). Strategi Baru Manajemen Pemasaran, . Yogyakarta: Penerbit AMARA BOOKS,.

Asih, P. S., et al. 2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fastfood KFC Di Kota Sorong (Studi Kasus Mega Mall Kota Sorong). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 352-356.

Basuki.Sulistyo. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra. .

Christea.Frisdiantara. (2013). Pengaruh Dimensi Pelayanan Dan Dimensi Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Universitas Kanjuruhan Malang,. Malang: Unversitas Kanjuruhan Malang.

Emzir. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Erlangga, H., et al.(2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464-472.

Fandy.Tjiptono. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Ghozali.Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “. Semarang: Undip.

Kasmad, K., et al. (2020). Influences of Price, Promotion, and Service quality on Communities’ Interest in Choosing Vocational High School. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 233-243.

Kotler.P. (2004). Manajemen Pemasaran. . Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia,.

L., W. W. (1994). Wilkie, William L. 1994. Consumer Behavior (third edition). New York. John . New York: John Willey & Sons, Inc.

Nurjaya, N., et al. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Wahana Motor Di Wilayah Cianjur. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(2), 291-296.

Priyatno.Duwi. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Andi. Yogyakarta. Yogyakarta.: Andi.

Rasyid, N., et al. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Di Makassar. SENTRALISASI, 7(2), 11-27.

Ratninnto. (2005). Manajemen pelayanan, Pengembangan model konseptual, Penerapan Chizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Rofianto, W., et al. (2021). Cultural Product Branding, Antecedents, And Its Implications: A Study On The Context Of Indonesian Batik. International Journal Of Social, Policy And Law, 2(2), 37-46.

Sammeng, A. (2001). Cakrawala pariwisata. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wangsi, M. M., et al. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.

Downloads

Published

2021-11-10

How to Cite

Kabalmay, A., Lewenussa, R., & Rawi, R. D. P. (2021). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Vega Hotel Kota Sorong. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(1), 125–131. https://doi.org/10.32493/JEE.v4i1.14517