Peran Pemberdayaan Perempuan Melalui Decision Suport System Terhadap Pengambilan Kebijakan di Pemerintahan Desa Nglongsor Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek

Authors

  • Suci Nurhidayah Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga
  • Andriyanto Andriyanto Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga
  • Zainiyah Alfirdaus Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.26769

Keywords:

Coach, Pemberdayaan Perempuan, DCC, Pengambilan Kebijakan

Abstract

Pemberdayaan perempuan merupakan salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs). Perempuan dapat dikatakan berdaya apabila bisa menjadikan dirinya sebagai makhluk yang mempunyai manfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya, serta dengan bebas mengapresiakian dirinya untuk berkontribusi dalam setiap kesempatan. Pada era sekarang ini perempuan mempunyai kedudukan yang sama dengan laki-laki dengan adanya kesetaraan gender. Kebijakan pemberdayaan perempuan di Indonesia ditujukan untuk memenuhi kebutuhan strategis dan praktis perempuan. Pemberdayaan perempuan di desa Nglongsor Kecamatan Tugu ini, mulai digerakkan dengan menyediakan akses yaitu Organisasi PKK. Dimana ujung tombak dari pelaksaan program PKK adalah Kelompok Dasawisma. Dengan terbentuknya dasawisma ini diharapkan dapat menggugah masyarakat agar termotivasi untuk selalu dinamis, serta dapat mengubah keadaan kepada yang lebih maju lagi. Seperti dalam hal upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan peningkatan mutu dalam masyarakat. Dasawsima harus lebih mampu untuk berperan di masyarakat, baik sebagai motivator, komunikator, dinamisator yang mampu menyerap segala informasi dari masyarakat untuk kembali dipenuhi sebagai wujud kebijakan yang diambil pemangku kepentingan. Melalui dasawisma tersebut diharapkan dapat menyediakan data lengkap melalui kegiatan pendataan yang sesuai di lapangan sehingga dihasilkan suatu informasi penting sebagai Decision Suport System (DSS). Dengan adanya DSS ini diharapkan mampu menjadikan dasar dalam pengambilan kebijakan di Pemerintah Desa Nglongsor.

References

Dunn, William N. (1999). Pengantar Analisis Kebijakan Publik Edisi Kedua. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Dye, Thomas R. (1992).

Hasil Rakernas IX TP PKK Pusat Tahun 2021, Kemendagri.

Onny S. Prijono; A. M. W. Pranarka (Center for Strategic and International Studies, 1996) RINGKASAN METADATA INDIKATOR TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (TPB)/SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) INDONESIA

Pemberdayaan Perempuan Oleh Lajnah Wanita Dan Putri Al-Irsyad Surabaya. Book. oleh ZAKIYAH Terbitan: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2010.

Downloads

Published

2023-04-07

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif