Marketing Public Relations : Peningkatan Citra Melalui Pariwisata

Authors

  • Ray Octafian STIEPARI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Nina Mistriani STIEPARI Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.28693

Keywords:

Digital Ekonomi, Brand Image, Pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispentingnya keunikan pariwisata dikemas untuk membentuk aktivitas ekonomi melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat mempengaruhi perekonomian. Penelitian ini dilakukan di Curug Gondoriyo Semarang. Curug tersebut merupakan salah satu Daya Tarik Wisata baru di Semarang. Sumber data penelitian adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi langsung ke lapangan, wawancara, kuesioner. Hasil penelitian ialah marketing public relations melalui media sosial dengan brand image opinion leader, melakukan tehnik word of mouth, melakukan event sebagai media promosi dan pendekatan konsep ekowisata yang menjaga kelestarian sumber daya alam sebagai isu utama dalam kehidupan manusia, baik secara ekonomi dan sosial

References

Daud, R. F., & Khairunnisa, K. (2020). Peran Marketing Public Relations (MPR) Dalam Membangun Brand Image Warunk Upnormal Di bandung. Komunikasiana: Journal of …, 2, 110–122. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/komunikasiana/article/view/11331

Juwita, D., Chotijah, S., & Sahidu, A. (2019). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Lombok Sumbawa tahun 2016 – 2017. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 1(2). https://doi.org/10.29303/jcommsci.v1i2.19

Kemenparekraf. (2021). Penguatan Ekosistem Digital dalam Sektor Ekonomi Kreatif di Indonesia. Https://Kemenparekraf.Go.Id/. https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Penguatan-Ekosistem-Digital-dalam-Sektor-Ekonomi-Kreatif-di-Indonesia

Mistriani, N., Octafian, R., & Dewi, I. K. (2021). Positioning Strategy Through PIB Achieving Tourist Satisfaction With Creative Economy In Kartika Jaya Kendal Village. 9(2), 491–499.

Nazzala R, A. (2021). Semarang Bakal Optimalkan Sektor Pariwisata di 2022. Bisnis.Com. https://semarang.bisnis.com/read/20211231/536/1483933/semarang-bakal-optimalkan-sektor-pariwisata-di-2022

Nugroho, A. (2020). Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. Qwords. https://qwords.com/blog/ekonomi digital/

Nurjaya, N., Erlangga, H., Oktarini, R., Sunarsi, D., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Wahana Motor Di Wilayah Cianjur. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(2), 291-296.

Oktaviani, F. (2018). Strategi Branding Public Relations “Jendela Alam†dalam Mengembangkan Produk Agrowisata. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2), 203–213. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3950

Rofianto, A. E. (2018). Branding Image Pariwisata Berbasis Ekowisata Di Clungup Mangrove Conservation – Tiga Warna Kabupaten Malang Selatan. Advanced Optical Materials, 10(1), 1–9. Https://Doi.Org/10.1103/Physrevb.101.089902%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Nantod.2015.04.009%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1038/S41467-018-05514-9%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1038/S41467-019-13856-1%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1038/S41467-020-14365-2%0ahttp://Dx.Doi.Org/1

Sastrayuda, G. S. (2010). Hand Out Mata Kuliah Concept Resort and Leisure, Strategi Pengembangan dan Pengelolaan Resort And Leisure. Hand out Resort and Leisure, 1–27.

Sayekti, N. W. (2018). TANTANGAN PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA. Puslit, X, 19. https://doi.org/10.31227/osf.io/psg8c

Setiawati, N. P. A., Sunarsi, D., Nurjaya, S., Manan, A., Nurhadi, A., Erlangga, H., ... & Purwanto, A. (2021). Effect of Technology Acceptance Factors, Website Service Quality and Specific Holdup Cost on Customer Loyalty: A Study in Marketing Departement of Packaging Industry. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 12685-12697.

Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.265

Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270.

Downloads

Published

2023-04-09

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif