Pengaruh Content dan Review Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Membeli Makanan Halal Gen Z: Studi di Wilayah Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v5i3.29509Keywords:
Pengetahuan Halal, Konten, UlasanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh konten dan ulasan pemasaran TikTok terhadap keputusan pembelian makanan halal gen Z: sebuah studi di wilayah Jakarta Selatan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 127 responden. Metode pengumpulan data ini menggunakan kuesioner dengan format google form dengan data menggunakan Smart PLS-SEM 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan halal berpengaruh signifikan terhadap content marketing, dan content marketing serta review terhadap content marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan penulis yaitu pengetahuan halal tidak mempengaruhi keputusan pembelian.
References
Dahlan, W. (2015). Muhammad the Greatest Scientist. Bangkok: Chulalongkorn
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. In European Business Review, Emerald Group Publishing, Vol. 26, No. 2, p. 106-121).
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., and Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. In European Business Review, Emerald Group Publishing, Vol. 26, No. 2, p. 106-121).
Haque, M.G dan Hindraty, D. (2019). Investigating Awareness & Knowledge, Halal Logo, and Religiosity, Affecting Decision and Lifestyle to Consume Halal Culinary: A Case Study on Japanese Restaurants in Three …Indonesian Regions In Japanese Restaurant. Jurnal Ilmu Manajemen dan Ekonomika, Vol. 12, No.1, p.27-31.
Haque, M.G. (2019). Muslimin Vietnam dan Industri Halalnya: Mereka Juga Belajar Ke LPPOM MUI. Bekasi: Gramata.
Haque, M.G. (2020). The Effect of Digital Marketing and Media Promotion Utilization to a Bakpia Patok Yogyakarta SMES’ Sales Performance. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik, Vol. 10, No1, p. 233-242.
Haque, M.G; Amiruddin, J; Dania, M; R Juwitasari, R. (2018). Jawa dan Halal di Thailand. Yogyakarta: al-Wasat.
Haque, M.G; Nuraeni; Rifzaldi Nasri. (2022). SMEs Halal Culinary Strategy During The Pandemic Era In South Tangerang. Jurnal Manajemen, Vol. 26, No. 2, p. 351-367.
Haque, Marissa Grace. (2023). Perjalanan Manajemen Industri & Jaminan Profuk Halal Indonesia.Jambi: Son Pedia. Google Playbook: https://play.google.com/store/books/details?id=8rq0EAAAQBAJ (diunduh pada 27 Maret, 2023).
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru. Jurnal valuta, 4(1), 71-85.
Karr, D. (2016). How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. http://contentmarketinginstitute.com/wpcontent/uploads/2014/10/2015_B2C_Research.pdf (Diunduh pada 1 Januari, 2023)
Levy, M., and Weitz, B. (2012). Retailing Management. New York: McGraw Hill
Mahmudah, A. (2019). Pengaruh Karakteristik Generasi Z terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2017 & 2018. DSpace Repository Univeritas Islam Indonesia, Yogyakarta. http://hdl.handle.net/123456789/15388 (Diunduh pada 1 Januari, 2023)
Maichum, K., Parichatnon, S., and Peng, K.-C. (2017). The Influence of Attitude, Knowledge and Quality on Purchase Intention towards Halal Food: A Case Study of Young Non-Muslim Consumers in Thailand. IRA-International Journal of Management & Social Sciences, Vol. 6, No.3, p. 354.
Melati, R. S., dan Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol.8, No.2, p. 882-888.
Pratama, H.C. (2012). Cyber Smart Parenting. Jakarta: Visi Anugrah Indonesia.
Purwanto, A; Haque, M.G; Sunarsi, D; Asbari, M. (2021). The Role of Brand Image, Food Safety, Awarrness, Certification on Halal Food Purchase Intention: An Empirical Study on Indonesian Consumers. Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR). Vol.2, No. 3, p. 42 - 52.
Rahardaya, A. K., dan Irwansyah, I. (2021). Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Tiktok sebagai Sarana Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, Vol. 3, No.2, p. 308-319.
Sanjaya, S. (2015). Pengaruh Promosi dan Merek terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara), Vol. 16, No.2, p. 108-122.
Sunarsi, D., Hastono, H., Yuangga, K. D., Haryadi, R. N., & Teriyan, A. (2022). Literasi Pemasaran Digital Untuk Mengenalkan Batik Pandeglang di Masa Pandemi pada Desa Wisata Sukarame Banten. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 2(2).
Sutarno. (2012). Serba-Serbi Manajemen Bisnis. Jakarta: Graha Ilmu.
Stillman,D dan Stillman, J. (2018). Generasi Z Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Trivedi, J. (2017). The Effect of Viral Marketing Messages on Consumer Behavior. Journal of Management Research, Vol. 17, No. 2. University Press
Usman, H; Widowati Kusumo Projo, N.W.K; Haque, M.G; Chairy, C. (2021). The exploration role of Sharia compliance in technology acceptance model for e-banking (case: Islamic bank in Indonesia). Journal of Islamic Marketing (JIMA), Emerald Insight, Vol. 1, No.1, p.1-22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).