PENGARUH KOMUNIASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. METROPOLITAN RETAILMART

Authors

  • Akhmar Barsah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v1i2.3436

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan PT Metropolitan Retailmart.

Penelitian ini mengambil populasi semua karyawan pada PT Metropolitan Retailmart yang berjumlah 243 responden, sedangkan sampel dengan menggunakan teknik probability samping yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin, dan sampel yang didapat sejumlah 152 responden. Variabel penelitian terdiri dari variabel independen atau variabel bebas (X) adalah komunikasi organisasi (X) sedangkan variabel dependen atau variabel terikat (Y) adalah Kinerja Karyawan. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala 1 - 5 dengan 5 kategori. Analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan besaran korelasi komunikasi organisasi dan kinerja karyawan adalah 0.504 yang masuk pada kategori cukup kuat. Kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat diperoleh nilai R Square sebesar 0.254, artinya komunikasi organisasi mempunyai kontribusi terhadap kinerja karyawan sebesar 25.4% dan sisahnya 74.6% adalah faktor lain yang tidak diteliti. Hasil pengujian parsial diperoleh thitung 7.149 (7.149>1.98). Artinya nilai thitung lebih besar dari pada ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya Komunikasi Organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan analisis persamaan analisis regresi linier sederhana didapat nilai X (Komunikasi Organiasi) sebesar 0.621 sedangkan nilai Y (Kinerja Karyawan)  sebesar 16.829 Artinya, konstanta sama dengan 16.829 menyatakan jika Komunikasi Organisasi (X) tidak ada (0) maka kinerja karyawan (Y) nilainya 16.829, nilai komunikasi organisasi sebesar 0.621 mengartikan setiap perubahan peningkatan/penurunan variabel komunikasi organisasi akan menaikan/menurunkan variabel kinerja karyawan satu-satuan poin sebesar 0.621.

 

Kata kunci: Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan.

Downloads

Published

2019-10-23

How to Cite

Barsah, A. (2019). PENGARUH KOMUNIASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. METROPOLITAN RETAILMART. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2). https://doi.org/10.32493/JEE.v1i2.3436