PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT SRIWIJAYA BERKA INDONESIA

Authors

  • Putri Nilam Kencana

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap volume penjualan pada PT Sriwijaya Berka Indonesia.

Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan asosiatif, 65 responden perusahaan  uji  statistik  menggunakan   analisis   regresi,   koefisien   determinasi   serta pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F.

Hasil penelitian, menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap volume penjualan dengan persamaan regresi Y = 2,658 + 0,296X1  + 0,241X2.  Kontribusi pengaruh harga dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap volume penjualan adalah sebesar 60,6% sedangkan sisanya sebesar 39,4% dipengaruhi faktor lain. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik F hitung > F tabel atau (47,627 >3,150), hal tersebut juga diperkuat dengan probability 0,000 <  0,05.  Dengan demikian  H0 ditolak dan H1    diterima.  Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara harga dan kualitas pelayanan terhadap volume penjualan.

References

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka

Cipta, Jakarta, 2010.

Chandra, Gregorius, “Strategi Dan Program Pemasaranâ€, Andi Offset, Yogyakarta,

G.R. Terry, & Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemenâ€, Bumi Aksara, Jakarta

Griffin, Jill. “Customer Loyalty: How to Earn It, How to Keep Itâ€. Simon and Chuster. Inc. New York 2012.

Hasan, Ali. “Marketingâ€. Media Utama., Yogyakarta 2013.

Keller dan Armstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2012.

Kencana, P. N. (2017). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta

Dampaknya Terhadap Loyalitas Pada Tip Top Supermarket Ciputat. PEKOBIS, 1(4),

-64.

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta,

Laksana, Fajar, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta,

Nanang Tasunar, “Kualitas Pelayananâ€, Gramedia Pustaka Utama, Ghalia Indonesia, Bogor, 2006.

Saladin, Djaslim, â€Manajemen Pemasaranâ€, Linda Karya, Bandung, 2012.

Sarwono, Jonathan, “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatifâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2012

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2014.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2012.

Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta,

.

Syofian Siregar, “Statistika Deskriptif Untuk Penelitianâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Service Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2012.

Umar, Husen, “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta , 2013.

Wiliam J. Stanton, “Prinsip-Prinsip Pemasaranâ€, Edisi ketujuh, Erlangga, Jakarta,

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Kencana, P. N. (2020). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT SRIWIJAYA BERKA INDONESIA. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2). https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4166

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Efektif