ANALISIS IMPLEMENTASI GLOBAL VISION MELALUI STRAREGI PEMASARAN PERUSAHAAN ROTI MAULANA BAKERY YANG BERIMPLIKASI PADA DAYA SAING

Darmadi Darmadi, Rahmad Setiawan

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengimplementasian global vision melalui strategi pemasaran terhadap Perusahaan Roti Maulana Bakery. Penelitian ini menganalisis kesesuaian strategi pemasaran saat ini dengan implementasi pencapaian target perusahaan. Penelitian ini menganalisis pemetaan dan faktor penyebab pada lingkungan eksternal Perusahaan Roti Maulana Bakery.

Penelitian ini fokus mengkaji dan menganalisa penetapan opsi yang bisa direkomendasikan untuk mengimplementasikan global vision melalui strategi pemasaran yang lebih tepat guna menetapkan strategi yang lebih tepat bagi Perusahaan Roti Maulana Bakery. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif yang dipadukan dengan metode deskriptif bentuk studi kasus pada Perusahaan Roti Maulana Bakery.

Hasil pembahasan analisis aspek internal (IFAS)  dengan rincian yaitu indikator kekuatan (strength) sebesar 3,50  dikurangi dengan indicator kelemahan  (weakness) yaitu  -2,20 menghasilkan grand total  sebesar 1,30. Dan hasil dari aspek eksternal (EFAS) dengan rincian yaitu indikator peluang (opportunity) sebesar 3,59 dikurangi dengan indikator ancaman  (threath) yaitu  -2,28 menghasilkan nilai grand total sebesar 1,31. Dari analisis yang telah dijelaskan di atas, dapat di gambarkan kondisi  strategis perusahaan roti maulana bakery dalam sebuah grafik bahwa Perusahaan  Roti Maulana Bakery berada pada posisi agresif pada matrik.Strategi pemasaran yang lebih tepat selain melihat analisis ancaman juga  dengan menganalisis peluang dimana kreasi produk roti menjadi daya tarik konsumen dengan nilai 1,5 menunjukkan bahwa 42% indikator kreasi produk roti menjadi daya tarik konsumen berperan sangat penting menjadi peluang dalam peningkatan daya saing usaha roti.  Minat dan daya beli konsumen akan produk roti yang tinggi dengan nilai 1,26 dimana 35% indikator minat dan daya beli konsumen akan produk roti yang tinggi menjadi peluang besar pendorong pertumbuhan kemajuan perusahaan roti maulana bakery.


Full Text:

PDF

References


Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Husein Umar. 2002. “Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”.

https://swa.co.id/swa/review/book-review/tools-untuk-melakukan-ekspansi-global

Ranjabar, Jacobus.2013. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bandung : Alfabeta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.