PENGARUH E-MARKETING DAN E-CRM TERHADAP E-LOYALTY PENGUNJUNG SITUS WEBSITE WWW.CANGKIRBOGOR.COM
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4175Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-marketing dan e-crm terhadap e-loyalty pengunjung situs website www.cangkirbogor.com. Sifat penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif, populasi dan sample mengambil jumlah pengunjung website www.cangkirbogor.com periode 30 April - 29 Mei 2018 (1 bulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa E-Marketing dan E-CRM berpengaruh positif terhadap E-Loyalty pengunjung situs website dengan persamaan regresi Y = 0,742 + 0,153 X_1 + 0,174 X2. Semakin baik E-Marketing dan E-CRM maka akan semakin meningkat E-Loyalty dari para pengunjung website. Demikian pula sebaliknya, semakin buruk E-Marketing dan E-CRM maka akan semakin rendah E-Loyalty dari para pengunjung website. Kontribusi E-Marketing dan E-CRM secara simultan adalah sebesar 41,7 % sedangkan sisanya sebesar 58,3 % dipengaruhi faktor lain. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistic F hitung > F table sebesar (33,923 > 2,36) , hal tersebut juga di perkuat dengan signifikasi 0,000 < 0,05 . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara E-Marketing dan E-CRM terhadap E-Loyalty pengunjung situs website www.cangkirbogor.com.
References
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Basu Swastha, 2010. Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta.
David, Fred R, 2010. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.
Robbins, Stephen P. Dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh.
Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian).Yogyakarta. Andi.
Fandy Tjiptono, dan Chandra,2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI
Gani, Irwan. Dan Siti Amalia. Alat Analisis Data;Aplikasi statistik Untukenelitian Bidang Ekonomi Dan Sosial. Andi Yogyakarta.Yogyakarta.2015.
Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program.IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, 2010. Buku Saku Keterampilan dan Prosedur Dasar. Edisi 5, Jakarta: EGC
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran , Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta
Lupiyoadi, Hamdani. 2012.â€Manajemen Pemasaran Jasaâ€. Salemba Empat, Jakarta.
Sugiyono. 2016 “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Gâ€. Cetakan ke-23 CV. Alfabeta Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).