PENGARUH E-MARKETING DAN E-CRM TERHADAP E-LOYALTY PENGUNJUNG SITUS WEBSITE WWW.CANGKIRBOGOR.COM

Irmal Irmal, Elsa Gustiarani, Denok Sunarsi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-marketing dan e-crm terhadap e-loyalty pengunjung situs website www.cangkirbogor.com. Sifat penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif, populasi dan sample mengambil jumlah pengunjung website www.cangkirbogor.com periode 30 April - 29 Mei 2018 (1 bulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa E-Marketing dan E-CRM berpengaruh positif terhadap E-Loyalty pengunjung situs website dengan persamaan regresi Y = 0,742 + 0,153 X_1 + 0,174 X2. Semakin baik E-Marketing dan E-CRM maka akan semakin meningkat E-Loyalty dari para pengunjung website. Demikian pula sebaliknya, semakin buruk E-Marketing dan E-CRM maka akan semakin rendah E-Loyalty dari para pengunjung website. Kontribusi E-Marketing dan E-CRM secara simultan adalah sebesar 41,7 % sedangkan sisanya sebesar 58,3 % dipengaruhi faktor lain. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistic F hitung > F table sebesar (33,923 > 2,36) , hal tersebut juga di perkuat dengan signifikasi 0,000 < 0,05 . Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara E-Marketing dan E-CRM terhadap E-Loyalty pengunjung situs website www.cangkirbogor.com.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Basu Swastha, 2010. Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

David, Fred R, 2010. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta.

Robbins, Stephen P. Dan Coulter, Mary. 2010. Manajemen Edisi Kesepuluh.

Fandy Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian).Yogyakarta. Andi.

Fandy Tjiptono, dan Chandra,2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI

Gani, Irwan. Dan Siti Amalia. Alat Analisis Data;Aplikasi statistik Untukenelitian Bidang Ekonomi Dan Sosial. Andi Yogyakarta.Yogyakarta.2015.

Ghozali, Imam. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program.IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, 2010. Buku Saku Keterampilan dan Prosedur Dasar. Edisi 5, Jakarta: EGC

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran , Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta

Lupiyoadi, Hamdani. 2012.”Manajemen Pemasaran Jasa”. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono. 2016 “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G”. Cetakan ke-23 CV. Alfabeta Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.