PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG MEMILIKI KARTU ANGGOTA MEMBER PADA ALFAMART CABANG PONDOK AREN

Cornelia Dumarya Manik

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Cabang Pondok Aren.

Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling menggunakan dengan sampel sebanyak 95 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis

Hasil penelitian ini adalah promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 18,535 + 0,541X1,nila koefisien korelasi sebesar 0,647 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 41,9% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,183 > 1,986). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 13,752 + 0,664X2 nilai koefisien korelasi sebesar 0,703 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 49,5% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,544 > 1,986). Promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 10,605 + 0,284X1 + 0,463X2. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,751 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi atau pengaruh secara simultan sebesar 56,4% sedangkan sisanya sebesar 43,6% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabelatau (59,574 > 2,700) dengan demikian Ho ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Cabang Pondok Aren


Full Text:

PDF

References


Aaker, A, “Manajemen Ekuitas Merek Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek”. Edisi Pertama. Mitra Utama, Jakarta, 2015.

Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa”, CV. Alfabetha, Bandung, 2015.

Anaroga, Panji, “Mananajemen Bisnis”, PT. Rineka Cipta, Semarang, 2015.

Arief. M, “Metodologi Penetian”, Rajawali Press, Jakarta, 2015.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2016.

G.R. Terry, and Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemen”, Bumi Aksara, Jakarta 2016.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2017.

Hasan, Ali, “Marketing”. Media Utama., Yogyakarta, 2015.

Hasibuan, “Manajemen”, Haji Masagung, Jakarta, 2017.

Husen, Umar, “Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2016.

Irawan, Handi, “Prinsip-Prinsip Kepuasan Pelanggan”, PT. Alex Media Komputindo, Jakarta, 2015.

Istijianto, “Aplikasi Praktis Riset Pemasaran”, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2015.

Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaran”, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2017.

Kotler dan Keller, “Manajemen Pemasaran”, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2017.

Kotler, Manajemen Pemasaran”, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2017.

Laksana, Fajar, “Manajemen Pemasaran”, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2015

Lupiyoadi, ”Manajemen Pemasaran Jasa”, Edisi 3, Salemba Empat, Jakarta, 2016.

Marknesis, Tim, “Customer Satisfaction and Beyond”, Marknesi, Yogyakarta, 2015.

Nugroho, Agung, “Strategi Jitu Dalam Memilih Metode Statistik Peneltian”, Andi, Yogyakarta, 2015.

Safroni, Ladzi, “Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia”, Aditya Media Publishing, Surabaya 2014.

Saladin, Djaslim, ”Manajemen Pemasaran”, Linda Karya, Bandung, 2015.

Salam, “Manajemen Pemerintahan Indonesia”. PT. Djambatan, Jakarta, 2016.

Santoso, Singgih, “SPSS Statistik Parametik” Cetakan Kedua, PT. Elek Media, 2016.

Sarwono, Jonathan, “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2015

Simamora, Bilson, “Panduan Riset Dan Perilaku Konsumen”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2017.

Sudjana, ”Metode Statistika”, Edisi Keenam, Tarsito, Bandung, 2014.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D”, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2017.

Suherman, Wawan, “Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Jasmani Teori dan Praktik Pengembangan”, FIK UNY, Yogyakarta, 2012

Supranto, “Statistik Teori dan Aplikasi”, Pustaka Ekonomi, Jakarta, 2015.

Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderen”, BPFE, Yogyakarta, 2012.

Syofian Siregar, “Statistika Deskriptif Untuk Penelitian”, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 62011.

Tasunar, Nanang, “Kualitas Pelayanan”, Gramedia Pustaka Utama, Ghalia Indonesia, Bogor, 20125.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Serivce Quality and Satisfiation”, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2017.

Usmara, “Strategi Baru Manajemen Pemasaran”, Amoro book, Yogyakarta, 2015.

Yazid, “Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi”, Edisi Kedua, PT. Ekonisia, Yogyakarta. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.