PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SEKOLAH PADA ORANGTUA SISWA SDIT BINA CENDEKIA – DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v2i3.6804Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah siswa pada tahun ajaran baru di SDIT Bina Cendekia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling menggunakan sampel jenuh sebanyak 143 responden. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas Instrumen, Uji Korelasi Product Moment, Uji Regresi Sederhana, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian adalah Terdapat Pengaruh Positif dan Signifikan antara Promosi Sekolah (X) terhadap Minat Sekolah (Y) pada SDIT Bina Cendekia. Persamaan regresi sederhana Y = a + b(x) adalah Y = 21,07 = 0,76x persamaan ini dapat disimpulkan Bahwa Terdapat Arah Pengaruh Positif Antara Variabel Promosi Sekolah (X) Terhadap Variabel Minat Sekolah (Y). Constanta a = 28,03 bermakna, jika tidak ada perubahan pada variabel Promosi Sekolah (X) atau variabel bebas bernilai tetap, maka nilai variabel Minat Sekolah (Y) sebesar 21,07. Koefisien regresi b = 0,755 bermakna, jika terjadi kenaikan satu-satuan pada variabel Promosi Sekolah (X) maka nilai Variabel Minat Sekolah (Y) akan bertambah sebesar 0,766. Koefisien korelasi R sebesar 0,529 nilai ini masuk ke dalam rentang antara 0,400 - 0,599 dengan tingkat hubungan sedang, maka dapat disimpulkan bahwa, variabel Promosi Sekolah (X) memiliki tingkat hubungan Sedang terhadap variabel Minat Sekolah (Y). Koefisien determinasi R Square sebesar 0,4298 (0,1848 x 100% = 18,48%) maka dapat disimpulkan bahwa, Promosi Sekolah(X) memiliki Kontribusi atau sumbangan terhadap Minat Sekolah (Y) sebesar 18,48% dan sisanya 81,52% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Uji hipotesis parsial menunjukkan nilai thitung 5,6528 > t tabel 1,977 dengan taraf 5% maka Ha diterima dan H0 ditolak maka dalam penelitian ini menetapkan bahwa Terdapat Pengaruh Positif dan Signifikan antara Promosi Sekolah (X) terhadap Minat Sekolah (Y) pada SDIT Bina Cendekia.
Kata Kunci : Promosi, Keputusan Memilih Sekolah.
References
Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi, Rineka Cipta. Jakarta.
Assauri, 2012, Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.
Atik dan Ratminto, 2012, Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Daryanto, 2011, Strategi Menaklukkan. Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Ketiga. Gramedia, Jakarta.
D Prasada, S Sarwani, M Catio. (2019). Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mitra Adiperkasa, Tbk. Jurnal Manajemen, Bisnis dan Organisasi (JUMBO) 3 (3), 195-20765.
D Sunarsi. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pendidik. Universitas Pamulang.
Effendi M. Guntur, 2010, Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun. Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.
Ghozali, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.
Gumilar, I., Sunarsi, D. (2020). Comparison of financial performance in banking with high car and low car (Study of banks approved in the kompas 100 index for the period 2013-2017). International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 7.
Hasibuan, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Hasan, 2009, Marketing, Media Pressindo, Yogyakarta.
Jhon D. Millet, 2012, Management in the public service: The quest for effective performance. New York: McGraw-Hill.
Kotler dan Amstrong, 2012, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga, Jakarta.
Maddinsyah, A., Sunarsi, D., Hermawati, R., Pranoto. (2020). Analysis of location selection effect on the user decision that influcence the success of the service business of micro, small and medium enterprise (MSME) in bandung timur region. International Journal of Advanced Science and Technology. Vol. 29 No. 06
Munarsih, (2019). Analisis Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan pada SDIT Bina Cendekia – Depok. Jurnal Kompetitif, Vol 2, No. 3, 136-155.
Munarsih, Mada F. Akbar, Ariyanto, A., Ivantan, Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa untuk Berwirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol 3, No. 1, 22-27.
Purwanti, P., Sarwani, S., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24-31.
Putranto, A. T., Widodo, A. S., Hanny, R., Septiani, F., & Armansyah, A. (2020). Melalui PkM Universitas Pamulang: Mari Kita Tingkatkan Jejaring Pemasaran POSYANTEK dalam Menyongsong Era Industri 4.0. Abdi Laksana, 1(2).
Rangkuty, 2009, Riset Pemasaran, Gramedia pustaka Utama, Jakarta.
Robbins dan Coulter, 2014, Manajemen, Edisi ke sepuluh jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Rosvita, 2010, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaua terhadap Keputusan Pembelian Teh siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Saladin, 2011, Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Lima, Linda Karya, Bandung.
Shinta Agustina, 2011, Perilaku Konsumen : Afeksi Konsumen, Lab, Manajemen Agribisnis/Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang.
Sudjana, 2001, Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif, Falah Production, Bandung.
Sugiyono, 2015, Metodologi Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.
Sunarsi, D., & Asmalah, L. (2018). Pelatihan Manajemen Pengembangan Diri Bagi Penerima Beasiswa RZIS UGM Dan Dompet Shalahuddin Jogjakarta. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 51-60.
Sunarsi, D., & Erlangga, A. (2020). The Effect of Leadership Style and Work Environment on the Performance of Stationary Pump Operators in the Water Resources Office of West Jakarta City Administration. International Journal of Advances in Social and Economics, 2(3).
Sunasi, D., Kusjono, G., & Nuryana, I. (2019). Pelatihan Manajemen Penguasaan Kelas Dan Pembuatan Bahan Ajar Bagi Tenaga Pengajar Sukarela Taman Belajar Kreatif Mekarsari. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 41-44.
Supardi, 2013, Aplikasi Statistik Dalam Penelitian, PT Prima Ufuk Semesta, Jakarta.
Supranto, 2012, Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran, Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Susanto, J. (2012). Pengaruh Pemasaran Online. Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Website www. pagarkanopi. com). Tesis, Universitas Pamulang.
Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).