PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN NILAI NASABAH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR SYARIAH X
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v2i3.6805Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Fenomena serta kesimpulan mengenai pengaruh ke tiga variabel bebas terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR Syariah X. Penelitian ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 98 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasilpenelitian secara simultan didapatkan kualitas pelayanan, kualitas produk dan nilai nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR Syariah X. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier berganda yaitu Y=6,530+0.167X1+0.315X2+0.365X3, nilai koefisien korelasi yang ditemukan sebesar 0,619, koefisien determinasi sebesar 38,4% dan nilai Fhitung 19,508 > F tabel 2,70 dengan siginifiakan 0,000 < 0,05
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Nilai Nasabah, Kepuasan Nasabah.
References
Dahlan Siamat, 2001, Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Ketiga, Fakultas Ekonomi Indonesia, Jakarta.
Dharmmesta dan Handoko, 2011, Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta.
Djaslim Saladin, 2011, Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Lima, Linda Karya, Bandung.
Fatrio, 2006, Analisis faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Studi Kasus: Pada PT. Bank Bukopin Kantor Cabang Tegal, Tesis, UNDIP, Semarang.
Gantara, Kumadji, dan Yulianto, 2013, Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Pengguna Kartu Seluler IM3, Jurnal Universitas Brawijaya Malang.
George Terry, 2007, Principles of Management, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Ghozali, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.
Gumilar, I., Sunarsi, D. (2020). Comparison of financial performance in banking with high car and low car (Study of banks approved in the kompas 100 index for the period 2013-2017). International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 7
Gusti Ayu Putu Ratih Kusuma Dewi, 2014, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah PT BPR Hoki Di Kabupaten Tabanan, Tesis Universitas Udayana Denpasar, Bali.
Handoko, 2012, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Penerbit, BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Hendra dan Ronny A Rusly, 2012, Manajemen Pemasaran, edisi millenium, Penerbit PT. Indeks, Jakarta.
Hidayat, 2006, Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mandiri di Jawa Timur. Desertasi. Program Studi Ilmu Ekonomi. Pascasarjana Universitas Airlangga.
Inka Janita Sembiring; Suharyono; Andriani Kusumawati, 2014, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Studi pada Pelanggan McDonald’s MT.Haryono Malang, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 15 No. 1 Oktober.
Irmal, I., Gustiarani, E., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh E-Marketing dan E-CRM terhadap E-Loyalty Pengunjung Situs Website www. Cangkirbogor. com. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(2).
Kotler dan Amstrong, 2013, Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga, Jakarta.
Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2019). The Effect of Service Quality and Price Accuracy on Consumer Confidence and Implications for Sales Increase. PINISI Discretion Review, 3(2), 101-110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).