PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBEIAN PADA PT. INDOTEX MANDIRI DI TANGERANG

Authors

  • Mahnun Mas’adi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v3i1.7320

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan promosi terhadap keputusan pembeian pada PT. Indotex Mandiri di Tangerang. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel kegiatan promosi diperoleh rata-rata skor sebesar 3,40 dengan kriteria baik. Variabel keputusan pembeian diperoleh rata-rata skor sebesar 3,82 dengan kriteria baik. Kegiatan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeian  dengan persamaan regresi Y = 7,639 + 0,900X, dan nilai korelasi 0,791 atau kuat dengan determinasi 62,6%. Uji  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

 

Kata Kunci: Kegiatan Promosi, Keputusan Pembelian.

References

Algifari. (2015). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

Arikunto, Suharsimi (2014). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Bashu Swastha dan T. Handoko (2015) Manajemen Pemasaran Moderen, Yogyakarta: BPFE.

Basu Swastha Dharmmesta. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta. Buchari Alma. 2014. Manajemen pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.

Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Fandy Tjiptono (2017), Serivce Quality and Satisfiation. Jakarta: Edisi tiga. Andi.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imam Ghozali (2017). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSSâ€. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Istijanto (2014) “Riset Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Onlineâ€. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler dan Amstrong (2017), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belasâ€. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Lukiastuti, Fitri, et.al (2020). The Influence of Entrepreneur’s Personal Characteristics on SMES Performance Mediated by Entrepreneurial Orientation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume 24 - Issue 8

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.

Phipil Kotler dan Kevin Keller (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Rao, Purba, (2012). “Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysisâ€, The Asian.

Santoso, Singgih (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2014) “Metode Statistikaâ€, Bandung: Tarsido.

Sugiyono (2017), “Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto (2014). “Metode Riset Pemasaranâ€. Bandung: Alfabeta

Sunarsi, D. (2016, October). Pengaruh Minat, Motivasi Dan Kecerdasan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Pamulang. Thn. Akademik 2015-2016). In Proceedings (Vol. 1, No. 1).

Sunarsi, D. (2017). Pengaruh Rekrutmen, Seleksi dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Mercolade Tangerang.

Sunarsi, D. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Strategik & Karakterisrik Sistem Pendukungnya: Sebuah Tinjauan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi). Vol 2 No 3

Downloads

Published

2020-10-10

How to Cite

Mas’adi, M. (2020). PENGARUH KEGIATAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBEIAN PADA PT. INDOTEX MANDIRI DI TANGERANG. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1), 105–111. https://doi.org/10.32493/JEE.v3i1.7320