Editorial Policies

Focus and Scope

Focus

Jurnal Ilmiah FEASIBLE (JIF) mencakup secara rinci berbagai macam topik penelitian empiris dalam bidang bisnis, kewirausahhan dan koperasi. Jurnal ini menyediakan forum untuk pertukaran ilmiah untuk akademisi, praktisi, dan peneliti independen dengan menerbitkan penelitian empiris yang berkualitas.

 Scope

Ruang lingkup Jurnal Ilmiah FEASIBLE (JIF) mempupblikasikan ide dan informasi di antara para peneliti yang berkaitan dengan bidang manajemen bisnis, manajemen pemasaran, kewirausahaan, UMKM dan Koperasi.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

1. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Ilmiah FEASIBLE (JIF) di-review oleh mitra bestari.
2. Review jurnal menerapkan sistem double blind review.
3. Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke Jurnal Ilmiah FEASIBLE (JIF)   dilakukan dengan sistem editorial dan reviewer juga dibantu dengan pengecekan pada Turnitin.

4. Dalam melakukan review, reviewer mempertimbangkan: kebaruan topik, objektivitas, metode, dampak/ implikasi keilmuan, kesimpulan dan referensi. Memlih salah satu rekomendasi akhir yaitu:

  • Accept Submission. Menerima artikel tanpa ada revisi yang diberikan
  • Revision Required. Memberikan revisi tanpa harus melakukan review ulang. Setelah penulis merevisi naskah langsung dilanjutkan ke proses editing.
  • Resubmit for Review. Memberikan revisi dan setelah penulis merevisi naskah di review ulang.
  • Resubmit elsewhere: naskah ditolak dan disarnkan untuk diserahkan kepada jurnal lainnya.
  • Decline Submission. Menolak tulisan karena kualitas tidak memenuhi syarat.
  • See comments: dibutuhkan revisi sesuai saran reviewer (berbentuk rekomendasi)

5. Penerimaan sebuah artikel oleh Editor tergantung pada kebaruan penelitian, signifikansi artikel, kebenaran konten, tingkat orisinalitas, kejelasan deskripsi, dan kesesuaian dengan tujuan jurnal.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa  penelitian tersedia secara bebas untuk umum dna mendukung pertukaran pengetahuan yang lebih luas. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis. Ini sesuai dengan  Inisiatif Akses Terbuka Budapest .

 

Publication Ethics

Secara umum publikasi yang disusun mengacu pada COPE. Pernyataan kode etik ilmiah adalah ekspresi dari kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah, yaitu manajer, editor, reviewer dan penulis. Kode etik pernyataan publikasi ilmiah oleh Kepala Peraturan LIPI No. 5 tahun 2014 tentang Kode Etik Publikasi Ilmiah, yang pada dasarnya Kode Etik Publikasi Ilmiah pada dasarnya menjunjung tinggi nilai-nilai etika dalam tiga publikasi, yaitu.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  • Rekonsiliasi kebutuhan pembaca dan penulis
  • Setiap upaya untuk meningkatkan kualitas publikasi secara berkelanjutan,
  • Menerapkan proses untuk memastikan kualitas makalah yang diterbitkan,
  • Mempromosikan kebebasan berbicara secara objektif,
  • Mempertahankan integritas rekam jejak penulis akademik,
  • Memberikan koreksi, klarifikasi, penarikan, dan permintaan maaf jika perlu,
  • Bertanggung jawab atas gaya dan format tulisan, sedangkan konten dan pernyataan apa pun di koran adalah tanggung jawab penulis 
  • Secara aktif meminta pendapat penulis, pembaca, pengulas, dan anggota dewan editorial untuk meningkatkan kualitas publikasi
  • Mendorong penilaian jurnal, jika ada temuan,
  • Mendukung inisiatif untuk mengurangi kesalahan penelitian dan publikasi dengan meminta penulis melampirkan formulir izin Perilaku yang disetujui oleh izin Komite Etika,
  • Mendukung inisiatif untuk mengedukasi para peneliti tentang etika publikasi,
  • Menilai dampak kebijakan terhadap masalah sikap penulis dan pengulas dan memperbaikinya untuk meningkatkan akuntabilitas dan mengurangi kesalahan,
  • Memiliki pikiran terbuka terhadap pendapat atau pandangan baru orang lain yang mungkin bertentangan dengan pendapat pribadi,
  • Tidak mempertahankan pendapatnya sendiri, penulis atau pihak ketiga yang dapat mengakibatkan keputusan yang tidak objektif

Tugas dan Tanggung Jawab Reviewers

  • Diberi tugas redaksi untuk memeriksa makalah dan menyerahkan ulasan ke editor, sebagai penentuan kelayakan makalah untuk publikasi.
  • Reviewer tidak boleh melakukan review terhadap makalah yang melibatkannya, baik secara langsung maupun tidak langsung
  • Menjaga privasi penulis dengan tidak menyebarkan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi memberikan kritik, saran, umpan balik, dan rekomendasi
  • Mendorong penulis untuk membuat makalah perbaikan
  • Akan kembali kertas yang telah diperbaiki sesuai dengan standar yang ditentukan.

Tugas dan Tanggung Jawab Author

  • Pastikan yang termasuk dalam daftar penulis / penulis memenuhi kriteria sebagai penulis / penulis.
  • Bertanggung jawab secara kolektif untuk konten kerja dan artikelnya mencakup metode, analisis, perhitungan, dan detail.
  • Untuk menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
  • Jelaskan keterbatasan penelitian
  • Menanggapi komentar yang dibuat oleh reviewer secara profesional dan tepat waktu
  • Informasikan jika editor akan menarik kembali makalahnya.
  • Membuat pernyataan bahwa makalah yang dikirim untuk publikasi adalah asli, belum dipublikasikan di mana pun dalam bahasa apa pun, dan tidak dalam proses pengiriman ke penerbit lain.

 

Author Guidelines

Persiapan Pengajuan

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diwajibkan untuk memeriksa kepatuhan pengajuan mereka dengan semua sesuai ketentuan berikut, dan naskah yang dikirimkan dapat dikembalikan kepada penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. Pengajuan belum dipublikasikan sebelumnya.
  2. Naskah itu bebas dari plagiarisme.
  3. File pengiriman ada di Microsoft Word.
  4. Naskah mengikuti pedoman editorial.

Struktur Manuskrip

  1. Judul. Judul harus jelas dan informatif dan tidak boleh disingkat dan tidak lebih dari 14 kata.
  2. Nama dan institusi penulis. Nama penulis tidak boleh disingkat dan tidak menggunakan judul. Penulis harus menyertakan nama dan alamat institusional terinci termasuk jurusan, fakultas, nama dan alamat lembaga. Penulis melemparkan salah satu penulis sebagai penulis yang sesuai
  3. Abstrak dan kata kunci . Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, dan harus antara 150-175 kata untuk setiap versi bahasa. Kata kuncinya harus terdiri dari 3 hingga 6 kata atau frasa.
  4. Pendahuluan . Bagian ini menjelaskan latar belakang penelitian,  ulasan penelitian sebelumnya, analisis kesenjangan dan tujuan penelitian . Poin penting dalam bagian ini adalah bahwa penulis harus dapat menunjukkan pentingnya dan kebaruan dari penelitian yang dilakukan.
  5. Metode . Bagian ini menjelaskan bagaimana penelitian ini dilakukan. Bagian ini dapat terdiri dari metode dan jumlah sampel, dan alat analisis yang digunakan.
  6. Hasil.  Bagian ini menjelaskan hasil penelitian. Itu harus disajikan dengan jelas dan ringkas.
  7. Pembahasan . Pada bagian ini, penulis membahas hasil studi dan harus dapat mengeksplorasi kebaruan atau kontribusi penelitian dalam literatur sesuai dengan topik yang diteliti.
  8. Kesimpulan . Bagian ini menyimpulkan dan memberikan implikasi kebijakan, jika ada, dari penelitian ini. Kesimpulannya harus berada pada urutan yang sama dengan yang dibahas dalam tubuh naskah.
  9. Referensi . Bagian ini hanya mencantumkan literatur yang bersumber dari jurnal, buku, dan bahan tertulis lain yang dikutip dalam artikel tubuh. Penulis disarankan untuk tidak menggunakan referensi dari hasil penelitian yang tidak dipublikasikan.

 Format Penulisan Umum

  1. Naskah disiapkan dalam format kertas A4, satu kolom, dan spasi satu setengah baris.
  2. Paragraf baru harus mulai 1 sentimeter dari margin kiri, menggunakan ukuran font 11, tipe font Times new Roman.
  3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
  4. Panjang naskah harus antara 20 hingga 25 halaman.
  5. Margin atas, bawah, kiri dan kanan adalah 2,5 
  6. Judul ditulis menggunakan huruf kapital dalam setiap kata kecuali untuk kata-kata penghubung, ukuran font 12, posisi tengah.
  7. Sub judul ditulis menggunakan huruf kapital dalam setiap kata kecuali untuk kata-kata penghubung, ukuran font 12, dimulai dari margin kiri.
  8. Sub judul, jika ada, ditulis menggunakan huruf kapital hanya di awal setiap kata kecuali untuk kata-kata penghubung, semuanya  dicetak miring . Mereka harus dimulai dari margin kiri.
  9. Referensi harus berupa publikasi sepuluh tahun terakhir (> 80%), kecuali untuk referensi utama (80%). Mengacu pada buku teks apa pun harus diminimalkan (<20%).
  10. Penulisan referensi menggunakan APA Style dan disarankan menggunakan perangkat lunak referensi Mendeley atau Endnote
  11. Pengakuan, jika ada, harus mencakup agen pendanaan 

 Tabel dan Gambar. Tabel harus disajikan sebagai berikut:

  1. Nama tabel harus mengikuti sistem penomoran (sistem penomoran Arab). Judul tabel dan gambar masing-masing ditempatkan di bagian atas dan bawah.
  2. Tabel dan gambar harus menyediakan sumber informasi, jika ada, di bagian bawah. 
  3. Tabel berisi hanya baris baris tanpa garis kolom. 

 

Plagiarism Policy

Naskah yang diterbitkan di Jurnal Ilmiah FEASIBLE (JIF)harus bebas dari plagiarisme. Oleh karena itu, naskah yang diserahkan dalam jurnal akan diperiksa untuk kemiripan menggunakan Unicheck: Plagiarism TurnitinJika pada pemeriksaan awal naskah memiliki kesamaan lebih dari 30% (kecuali kutipan dan referensi) naskah akan ditolak/dikembalikan dan proses peninjauan naskah tidak dilanjutkan. Jika kurang dari 25%, penulis harus memperbaiki kemiripan proses penulisan dan ulasan akan dilanjutkan.

 

Peer Review Process

Proses peer review dalam jurnal ilmiah FEASIBLE adalah mekanisme kontrol kualitas. Ini adalah proses untuk mengevaluasi naskah, dan tujuannya adalah untuk memastikan kualitas naskah yang dipublikasikan. Berikut ini adalah proses peer review dalam Jurnal Ilmiah FEASIBLE (JIF):

 

Author Fees

Jurnal Ilmiah Feasible (JIF) tidak membebankan biaya kepada penulis.

Pengiriman Artikel: 0,00 (IDR)

Penulis tidak diharuskan membayar Biaya Pengiriman naskah/artikel.

Publikasi Artikel: 100.000,00 (IDR)

Jika makalah ini diterima untuk publikasi, Penulis dikenakan Biaya Publikasi Artikel 100.000,00 (IDR).

 

Publication Frequency

Jurnal Ilmiah FEASIBLE (JIF): Bisnis, Kewirausahaan dan Koperasi diterbitkan secara periodik dua kali dalam setiap volumenya yaitu bulan Februari dan Agustus.