Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan MNC Vision KPP Bogor

Ela Hulasoh

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan MNC Vision KPP Bogor. Metode yang digunakan asosiatif kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi  yang besar pada objek penelitian ini digunakan teknik penarikan sampel Rao Purba sebesar 96 responden (pelanggan), dengan teknik sampling accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh sebesar 55,1%  loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Hasil uji simultan diperoleh nilai F hitung > F tabel  (57,012 > 3,090), dan diperkuat dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara bersama-sama.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Keller, K. (2012). Edisi 13. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Sugiono., (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Buchari, A. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2010). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

_______, F. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Laksana, F. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yamit, Z. (2016). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: UII.

Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/fb.v4i1.2021.%25p.12432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Author :

PUSAT INKUBASI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN (PINBIK) UNPAM
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang Tangerang Selatan – Banten
Telp. (021) 7412566, Fax (021) 7412491
Email : jurnal.feasible.unpam@gmail.com ; feasible@unpam.ac.id

Flag Counter