Peran Dan Upaya Koperasi Peternak Satria ”Pesat” Dalam Mempertahankan Kualitas Produk Susu Di Banyumas

Nina Agustin, Nisrina Isnaini Pratiwi, Misbahus Sudur, ³Mahardhika Cipta Raharja

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif guna mengetahui identitas koperasi pada sentra peternak susu sapi di Koperasi Peternak Satria di Karanglewas. Selain itu juga untuk mengetahui bagaimana peran dan upaya koperasi dalam mempertahankan kualitas susu. Lokasi penelitian ini adalah Koperasi Peternak Satria di Karanglewas Kabupaten Banyumas. Tingkat produksi susu dalam negeri pada tahun 2020 sekitar 22%, sedengkan sekitar 78% susu Indonesia masih memerlupakan dari impor. Hal tersebut terjadi karena pada Agustus 2004 mulai berlaku adanya kualitas susu bagi peternak Indonesia, dan masih banyak susu yang tidak sesuai dengan ketentuan SNI 01-3141-1998. Pada Koperasi Pesat di Kabupaten Banyumas untuk kualitas susu mempengaruhi harga pada susu. Kualitas susu ditentukan berdasarkan TS (total solid), lemak non solid dan MBRT (ketahanan susu). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya dan peran koperasi dalam mempertahankan kulitas susu pada wilayah Banyumas. Upaya yang dilakukan koperasi dengan menyediakan fasilitas pakan ternak (kosentrat), serta obat-obatan untuk berbagai penyakit sapi dan melakukan penyuluhan pada setiap pertemuan kepda anggotanya.

 

Kata Kunci: Koperasi; Susu Segar; Kualitas Susu

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. Produksi Susu Segar Menurut Provinsi. https://www.bps.go.id/indicator/24/493/1/produksi-susu-segar-menurut-provinsi.html. di akses pada tanggal 09 Desember 2021.

Budiyono, H. (2009). Analisis Daya Simpan Produk Susu Pasteurisasi Berdasarkan Kualitas Bahan Baku Mutu Susu. Jurnal Paradigma, Volume. X, No.2.

E.Martindah, & Saptati, R. (2020). Peran Dan Upaya Koperasi Peternak Sapi Perah Dalam Meningkatkan Kualitas Di Jawa Barat. Jurnal Semiloka Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas .

J, R., Sunarto, Hermanto, B., M.Cahyadi, R, H., & Sejati, W. (2016). Produksi dan Kualitas Susu Sapi Perah Penderita Mastitis yang Mendapat Pengobatan Antibiotik. Jurnal Sain Peternakan, Volume. 14, No.2.

Jayanti. Produksi Susu Segar Indinesia, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/05/tren-produksi-susu-segar-indonesia-cenderung-meningkat. diakses pada tanggal 30 Oktober 2021.

Koperasi.Pesat, 2016.Company Profile Koperasi Peternak Satria “PESAT” Kabupaten Banyumas.Banyumas.

M.D. Sagimun, 2000, Koperasi Indonesia, Jakarta, P.T. Midas Surya Grafindo Ninik Widiyanti dan Sunindhia, 2009, Koperasi dan Perekonomian Indonesia, Jakarta, Rineka Cipta Ronny Hanitijo Soemitro, 1994, Metode Penelitian Hukum dan Jurimetri, Jakarta

Resnawati, H. (2020). Kualitas Susu Pada Berbagai Pengolahan Dan Penyimpanan. Jurnal Seminar Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas.

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, K. B., Raiati, L. E., & Surjowardojo, P. (2014). Kajian Kualitas Susu Sapi Perah PFH ( Studi Kasus Pada Anggota Koperasi Agro Niaga di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang). Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, Voumel. 24, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/fb.v4i1.2021.%25p.16325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Author :

PUSAT INKUBASI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN (PINBIK) UNPAM
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang Tangerang Selatan – Banten
Telp. (021) 7412566, Fax (021) 7412491
Email : jurnal.feasible.unpam@gmail.com ; feasible@unpam.ac.id

Flag Counter