Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Tamu di Hotel Kristal Jakarta

Authors

  • Joko Prianto Universitas Pamulang
  • Retno Wulansari UNPAM

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.21-30.8719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Kristal Jakarta. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik analisa data dengan uji validitas dan uji reliabilitas, analisa korelasi, dan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokerelasi. Uji hipotesis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan multiregresi, uji F, uji t, koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati memiliki pengaruh terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Kristal Jakarta, hasil penelitian yang diolah menunjukkan hasil analisa multiregresi Y = 3.406 + 0.406X1 + 0.328X2 + 0.306X3 + 0.307X4 + 0.436X5, di mana koefisien varibel yg sangat mempengaruhi adalah Empati 0.436. Kemudian hasil nilai R² sebesar 0.721 yang berarti bahwa variabilitas variabel keputusan menginap tamu yang dapat dijelaskan oleh variabel tangiabel (berwujud), realibility (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati) sebesar 72.1%. Sedangkan sisanya sebesar 27.9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan; Keputusan Menginap Tamu

Author Biography

Retno Wulansari, UNPAM

Lecture at University of Pamulang

Economic Faculty, Management 

References

Abdullah, T., & Pebriyanti, K. (2016). “Pengaruh Program Green Hotel Terhadap Keputusan Menginap Di The Royale Krakatau Hotel Cilegon Bantenâ€. Tourism And Hospitality Essentials (The) Journal,, Vol VI No.1.

Alex S, Nitisemito. (2012). “Manajemen Suatu Dasar dan Pengantarâ€. Jakarta: Arena Ilmu, Jakarta

Alghifari. (2014). “Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomiâ€. Yogyakarta: BPFE.

Alma, B. (2014). “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasaâ€. Bandung: CV. Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2010). “Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktekâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Assuari, S. (2013). “Manajemen Pemasaranâ€. Jakarta: Rajawali Pers.

Athoillah, Anton. (2010). “Dasar-dasar manajemenâ€. Bandung: CV. Pustaka Setia

Baiti, Mita., Purba, Antony Stefanus., & Yandi, Ferdi Silva. (2014). “Pengaruh Lokasi, Harga Dan Fasilitas Hotel Terhadap Keputusan Menginap Pelangganâ€. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Pariwisata. Universitas Matana. Banten.

Buchari Alma. (2012). “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasaâ€. Bandung : CV.Alfabeta

Djaslim, Saladin., Henry Achmad Buchory. (2010). “Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawabâ€. Bandung: Linda Karya.

Ghozali, I. (2017). “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 24â€. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, Hani. (2011). “Manajemen Personalia dan Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Hartini, Sri. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Menginap Di Hotel Sakura Palangka Rayaâ€. STIE Palangka Raya. Palangkaraya. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. Volume 3, Nomor 1, April 2017.

Hasibuan, M. S. (2016). “Manajemen Sumberdaya Manusiaâ€. Jakarta: Bumi Aksara.

Istijanto. (2010).†Riset Sumber Daya Manusiaâ€. Edisi Revisi. Yogyakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khotimah, Siti., Effendi, Rustam., Lisnawati. (2017). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Avilla Pangkalan Bunâ€. Univerisitas Antakusuma. Pangkalan Bun. Jurnal Majemen, Vol.5, No.2, Hal. 59-66.

Kotler, P. (2009). “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2013). “Prinsip - Prinsip Pemasaranâ€. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2009). “Manajemen Pemasaranâ€. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). “Manajemen Pemasaranâ€. Jilid 12. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. “Manajemen Pemasaran Jasaâ€: Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, Mahmud. (2010), “Komunikasi Pemasaran Modernâ€, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Normasari, Selvy., Kumadji, Srikandi., & Kusumawati, Andriani. (2013). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survei Pada tamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotel Pelangi Malangâ€. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | Vol. 6 No. 2 Desember 2013.

Santoso, S. (2015). “Menguasai Statistik Multivariatâ€. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schiffman, & Kanuk. (2010). “Perilaku konsumenâ€. Jakarta: PT. Indeks.

Simamora, B. (2011). “Riset Pemasaranâ€. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sudaryono. (2016). “Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasiâ€. Yogyakarta: Andi

Sugiyono. (2012). “Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Manajemenâ€. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2017).†Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, & Soeprihanto. (2010). “Pengantar Bisnisâ€. Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty.

Supangat, A. (2015). “Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrikâ€. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Swastha, B., & Irawan. (2012). “Manajemen Pemasaran Modernâ€. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, B., & Sukotjo. (2015). “Pengantar Bisnis Modernâ€. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2011). “Pemasaran Jasaâ€. Malang: Banyu Media.

Tjiptono, F. (2012). “Service Management Mewujudkan Layanan Primaâ€. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2014). “Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitianâ€. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2015). “Pemasaran Jasaâ€. Malang: Banyu Media.

Wulansari, Retno (2017). “The Influence of Service Quality on Attitudinal Loyalty in Learning Business Divisionâ€. Jurnal Pemasaran Kompetitif: Universitas Pamulang: Vol. 1 No. 1, Oktober 2017. ISSN 2598-0823

Wulansari, Retno., Ramdan Novianto (2020). ‘Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Bersaing Terhadap Kepuasan Pelanggan Tangki Air Penguin Pada Toko Bahan Bangunan di Gading Serpongâ€. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Universitas Pamulang; Vol. 3 No. 2, Februari 2020, ISSN 2598-0823

Downloads

Published

2021-02-24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.