Author Guidelines

Download  Panduan Submission

Persiapan Pengajuan

Sebagai bagian dari proses pengiriman, penulis diwajibkan untuk memeriksa kepatuhan pengajuan mereka dengan semua sesuai ketentuan berikut, dan naskah yang dikirimkan dapat dikembalikan kepada penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.

  1. Pengajuan belum dipublikasikan sebelumnya.
  2. Naskah itu bebas dari plagiarisme.
  3. File pengiriman ada di Microsoft Word.
  4. Naskah mengikuti pedoman editorial.

Struktur Manuskrip

  1. Judul. Judul harus jelas dan informatif dan tidak boleh disingkat dan tidak lebih dari 14 kata.
  2. Nama dan institusi penulis. Nama penulis tidak boleh disingkat dan tidak menggunakan judul. Penulis harus menyertakan nama dan alamat institusional terinci termasuk jurusan, fakultas, nama dan alamat lembaga. Penulis melemparkan salah satu penulis sebagai penulis yang sesuai
  3. Abstrak dan kata kunci . Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia, dan harus antara 150-175 kata untuk setiap versi bahasa. Kata kuncinya harus terdiri dari 3 hingga 6 kata atau frasa.
  4. Pendahuluan . Bagian ini menjelaskan latar belakang penelitian,  ulasan penelitian sebelumnya, analisis kesenjangan dan tujuan penelitian . Poin penting dalam bagian ini adalah bahwa penulis harus dapat menunjukkan pentingnya dan kebaruan dari penelitian yang dilakukan.
  5. Metode . Bagian ini menjelaskan bagaimana penelitian ini dilakukan. Bagian ini dapat terdiri dari metode dan jumlah sampel, dan alat analisis yang digunakan.
  6. Hasil.  Bagian ini menjelaskan hasil penelitian. Itu harus disajikan dengan jelas dan ringkas.
  7. Pembahasan . Pada bagian ini, penulis membahas hasil studi dan harus dapat mengeksplorasi kebaruan atau kontribusi penelitian dalam literatur sesuai dengan topik yang diteliti.
  8. Kesimpulan . Bagian ini menyimpulkan dan memberikan implikasi kebijakan, jika ada, dari penelitian ini. Kesimpulannya harus berada pada urutan yang sama dengan yang dibahas dalam tubuh naskah.
  9. Referensi . Bagian ini hanya mencantumkan literatur yang bersumber dari jurnal, buku, dan bahan tertulis lain yang dikutip dalam artikel tubuh. Penulis disarankan untuk tidak menggunakan referensi dari hasil penelitian yang tidak dipublikasikan.

 Format Penulisan Umum

  1. Naskah disiapkan dalam format kertas A4, satu kolom, dan spasi satu setengah baris.
  2. Paragraf baru harus mulai 1 sentimeter dari margin kiri, menggunakan ukuran font 11, tipe font Times new Roman.
  3. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
  4. Panjang naskah harus antara 20 hingga 25 halaman.
  5. Margin atas, bawah, kiri dan kanan adalah 2,5 
  6. Judul ditulis menggunakan huruf kapital dalam setiap kata kecuali untuk kata-kata penghubung, ukuran font 12, posisi tengah.
  7. Sub judul ditulis menggunakan huruf kapital dalam setiap kata kecuali untuk kata-kata penghubung, ukuran font 12, dimulai dari margin kiri.
  8. Sub judul, jika ada, ditulis menggunakan huruf kapital hanya di awal setiap kata kecuali untuk kata-kata penghubung, semuanya  dicetak miring . Mereka harus dimulai dari margin kiri.
  9. Referensi harus berupa publikasi sepuluh tahun terakhir (> 80%), kecuali untuk referensi utama (80%). Mengacu pada buku teks apa pun harus diminimalkan (<20%).
  10. Penulisan referensi menggunakan APA Style dan disarankan menggunakan perangkat lunak referensi Mendeley atau Endnote
  11. Pengakuan, jika ada, harus mencakup agen pendanaan 

 Tabel dan Gambar. Tabel harus disajikan sebagai berikut:

  1. Nama tabel harus mengikuti sistem penomoran (sistem penomoran Arab). Judul tabel dan gambar masing-masing ditempatkan di bagian atas dan bawah.
  2. Tabel dan gambar harus menyediakan sumber informasi, jika ada, di bagian bawah. 
  3. Tabel berisi hanya baris baris tanpa garis kolom.