Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Konsumsi Yang Terdaftar Pada BEI 2016-2020
Keywords:
Biaya Produksi, Biaya Promosi, Laba BersihAbstract
Tujuan dari penelitian ini dapat mengetahui adanya pengaruh atau tidak terhadap biaya produksi dan biaya promosi terhada laba bersih perusahaan manufacturing sector barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Adapun data riset ini menggunakan metode kuantitatif serta menggunakan analisis regresi liier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa biaya produski dan biaya promosi secara simultan berpengaruh terhadap laba bersih. Tetapi secara signifikan biaya produksi tidak berpengaruh terhadap laba bersih, tetapi biaya promosi beroengaruh terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sector barang konsumsi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil dari penelitian ini sangat diharookan dapat menjadi salah satu informasi untuk memaksimalkan laba bersih
References
Endang Susilawati 2019. Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Studi Kasus Perusahaan Rokok PT. Gudang Garam Tbk 2011-2017
Felicia Felicia, Robinhot Gultom, 2018. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148.
Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.
I Made Ari Yuda Dan I Ketut Puja Wirya 2020. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Volume Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2015-2017
Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).
Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.
Mulyana Asep 2017. Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Usaha Samsung Co Tahun 2009-2015
Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Yulianus, Hendrik S & Sri Andika 2021. Penagruh Biaya Promosi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Studi Kasus PT. Nippon Inosari Corpindo Tbk Tahun 2014-2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Magister is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.