Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor SAMSAT Kota Sorong

Evi Mufrihah Zain, Febry Jein Andjar, Tyas Dwi Restyani, Rais Dera Pua Rawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik pada Kantor SAMSAT Kota Sorong. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi linier berganda, determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 33%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (3,849 > 1,986). Kompetensi Pegawai berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 18%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (4,813 > 1,986). Disiplin Kerja dan Kompetensi pegawai secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan memiliki Kontribusi pengaruh sebesar 40,9%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (11,426 > 2,700).

Keywords


Disiplin Kerja; Kompetensi Pegawai; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Andayani, M. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan pasien rawat inap pada rumah sakit umum daerah kabupaten lahat. MOTIVASI, vol 6(No 1).

Barus, S. A. H. (2016). Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Sosialisasi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. JOM Fekon, Vol. 3(No. 1), 295–309.

Dwiyanto. (2008). Manajemen Pelayanan. Pustaka Belajar.

Febriarti, N. P., & Hengky Pramusinto. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai, dan Fasilitas Kantor Terhadap Kualitas Pelayanan Sub Bagian Tata Pemerintah Pada Pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 141–150.

Mimin Armiyati. (2016). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan UPT. Perpustakaan Kabupaten Kutai Timur.

Saleh, A. M. (2010). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.

Sudiyanti, D. (2012). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Disiplin Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di SAMSAT Kota Semarang III. Ilmu Administrasi Publik, 2013–2015.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suwanto, S., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja yang Berdampak pada Kinerja Karyawan pada PT Surya Pratama Gemilang di Bekasi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2), 471-484.

Wibawa. (2005). Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis. PT.Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. PT Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Evi Mufrihah Zain, Febry Jein Andjar, Tyas Dwi Restyani, Rais Dera Pua Rawi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diindeks dan diabstraksi oleh:

 

 


Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Artikel PERKUSI telah melalui proses tinjauan sejawat sebelum dipublikasikan. Jurnal, Editor dan dewan redaksi berhak atau berkewajiban untuk menghapus atau menarik artikel yang memuat data yang tidak akurat dan menyesatkan jika ada. Baca Kebijakan Plagiarisme dan Etika Publikasi. Penggunaan situs ini menandakan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan.