Analisis Peluang Social Media Marketing Untuk Memasarkan Produk UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang

Bambang Eko Supriyanto, Intani Yonattha Ajie, Muhamad Arief Biamrillah, Sachro Yusuf

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi literasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peluang dan peran Social Media Marketing dalam menunjang keberhasilan pemasaran dan meningkatkan penjualan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di Gerai UMKM Cibodas Jasa kota Tangerang. Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tahun 2020 Pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor dalam penurunan perekonomian Indonesia ke berbagai sektor usaha termasuk para pelaku UMKM. Agar tetap dapat bertahan dan dapat memasarkan produk-produknya, maka berbagai strategi dilakukan oleh para pelaku UMKM diantaranya dengan memanfaatkan berbagai macam perangkat teknologi beserta aplikasinya yaitu melakukan pemasaran online menggunakan media sosial yang mampu menjangkau pasar lebih luas dengan biaya operasional yang minim. Adapun media sosial yang dimaksud adalah seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menggambarkan bahwa penggunaan Social Media Marketing tersebut sebagian sudah digunakan oleh para pelaku UMKM namun belum optimal dikarenakan kapasitas dari para pelaku UMKM yang tidak terlalu menguasai penggunaan aplikasi tersebut, serta belum mengetahui sejauh mana manfaat dan peluang besar dari penggunaan Social Media Marketing untuk memasarkan produknya. Dari hasil penelitian ini maka peneliti mencoba memberikan pengetahuan peluang pemanfaatan Social Media Marketing untuk menunjang pemasaran produk-produk di UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang.

Keywords


Media Sosial; Pemasaran; UMKM

Full Text:

PDF

References


Aaker. 2008. Managemen Ekuitas Merek, Alih Bahasa Aris Ananda. Bandung: Mitra Utama.

Buchari, Alma. 2001. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Erlangga, H. (2021). Effect Of Digital Marketing And Social Media On Purchase Intention Of Smes Food Products. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 3672-3678.

Freddy Rangkuti (2016) Strategi Promosi Yang Kreatif, Edisi Pertama, Cetakan Pertama Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Griffin R.W., & Ronald, J.E. (2003). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja

Haikal, H., Ridwan, A., Andrianto, I., Afif, W., Rusli, R., & Sunarsi, D. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial Bagi Perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pada Masyarakat Desa. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).

Haque, M. G., Munawaroh, M., Sunarsi, D., & Baharuddin, A. (2021). Competitive Advantage in Cost Leadership and Differentiation of SMEs “Bakoel Zee” Marketing Strategy in BSD. PINISI Discretion Review, 4(2), 277-284.

Haryadi, R. N., Rojali, A., & Fauzan, M. (2021). Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 10-16.

Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta, Bandung.

Jasmani, Jasmani, and Denok Sunarsi. "The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang." PINISI Discretion Review 1.1 (2020): 165-174.

Kasmad, K., et al. (2020). Increasing Community School Interest Through Service Quality, Prices and Promotion in Vocational High Schools. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2).

Kevin Keller dan Amstrong (2017) Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Jakarta: Erlangga.

Kharis, Ismu Fadli (2011). “Studi Mengenai Impulse Buying dalam Penjualan Online”. Semarang : Skripsi Universitas Diponegoro

Kotler & Keller (2016) “Manajemen Pemasaran”. PT. Macaman Jaya Cemerlang. Jakarta.

Kotler, P., dan K. L. College.(2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Bahasa Indonesia). E. K. B. J. 1. Indonesia: Indeks.

Kumala, D., & Hidayat, T. (2022). Pelatihan UMKM Berbasis Online di Kantor Pemerintahan Desa Lambangsari Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(1), 15-19.

Lupiyadi, Rambat (2016) Manajemen Pemasaran Jasa edisi 2 , Jakarta : Salemba Empat.

Lupiyoadi (2016) Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 4, Jakarta: Salemba Empat.

Philip Kotler (2017) Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat Belas, Jakarta: PT. Indeks.

Puntoadi, Danis, (2011) Menciptakan Penjualan Melalui Social Media, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 31-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bambang Eko Supriyanto, Intani Yonattha Ajie, Muhamad Arief Biamrillah, Sachro Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diindeks dan diabstraksi oleh:

 

 


Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Artikel PERKUSI telah melalui proses tinjauan sejawat sebelum dipublikasikan. Jurnal, Editor dan dewan redaksi berhak atau berkewajiban untuk menghapus atau menarik artikel yang memuat data yang tidak akurat dan menyesatkan jika ada. Baca Kebijakan Plagiarisme dan Etika Publikasi. Penggunaan situs ini menandakan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan.