Efektivitas Loyalty Program Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Epson di Jakarta

Ovi Mariana Sari, Niko Adrianto, Aprilinus Hia, Neng Nurhemah

Abstract


Loyalitas pelanggan berawal dari rasa puas dan percaya pelanggan terhadap apa yang diberikan oleh perusahaan, maka dari itu perusahaan harus tetap dapat menciptakan dan memelihara loyalitas tersebut dengan melakukan promosi dan perbaikan layanan. Loyalty program yang dibuat oleh Epson yaitu dengan memberikan poin rewards untuk pembelian produk tertentu, event gratis jasa servis, pemberian cashback dan juga paket bundling. Penelitian ini menggunakan survei dengan metode distribusi online kepada pelanggan Epson di Jakarta, dengan jumlah sampel 81 responden. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji variabel Loyalty Program (X) terhadap variabel kepuasan Pelanggan (M) sebagai mediasi dan variabel Loyalitas Pelanggan (Y). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Loyalty Program mempengaruhi loyalitas pelanggan serta kepuasan pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan pada penelitian ini juga berperan menjadi mediasi yang menjelaskan bahwa variabel Loyalty Program secara tidak langsung mempengaruhi variabel Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Epson di Jakarta.

Keywords


Loyalty Program; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Adieb, Maulana. 2021. Loyalty Program, Strategi Ampuh untuk Pertahankan Pelanggan. [online] dari: https://glints.com/id/lowongan/loyalty-program/#.YbSjMlkxVPY [11 Desember 2021].

Agustin, R. P., Suparwo, A., Yuliyana, W., Sunarsi, D., & Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya pada Word of Mouth Jasa Pengurusan Nenkin di CV Speed Nenkin. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 186-190.

Asmarasari, Devi Tri, dkk. 2020. Pengaruh Digital Loyalty Program Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Tokopedia. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Volume 4, Nomor 1, Halaman 13-32. Tangerang: Jurnal Pemasaran Kompetitif Universitas Pamulang.

Bagaskara, Andhika Surya. 2018. Analisis Pengaruh Program Loyalitas Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi pada Produk HP Samsung (Penelitian di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta.

Curatman, Aang., dkk. 2020. Program Loyalitas Pelanggan. Sleman: Deepublish Publisher.

Hanif, H., & Fuadyah, I. (2021). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 2(1), 38-47.

Pandita, Giovanni. 2021. Loyalty Program Menambah Keuntungan Perusahaan. [online] dari: https://www.jojonomic.com/blog/loyalty-program/ [11 Desember 2021].

Rifa’I, Khamdan. 2019. Membangun Loyalitas Pelanggan. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Saifuddin, A. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, Hesti Kartika. 2009. Efektivitas Loyalty Program dalam Customer Relationship Management terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 2, Halaman 177- 206. Malang: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ovi Mariana Sari, Niko Adrianto, Aprilinus Hia, Neng Nurhemah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diindeks dan diabstraksi oleh:

 

 


Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Artikel PERKUSI telah melalui proses tinjauan sejawat sebelum dipublikasikan. Jurnal, Editor dan dewan redaksi berhak atau berkewajiban untuk menghapus atau menarik artikel yang memuat data yang tidak akurat dan menyesatkan jika ada. Baca Kebijakan Plagiarisme dan Etika Publikasi. Penggunaan situs ini menandakan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan.