Pengaruh Atribut Produk dan Variety Seeking Terhadap Brand Merek VIVO (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong) Switching Handphone Merek NOKIA ke Smartphone

Normaliant Praba Irnanda, Retno Dewi Wijiastuti, Ramli Lewenussa, Nur Aeni Waly, Wisang Candra Bintari

Abstract


Penelitian ini memiliki dua variabel independen yaitu Atribut Produk dan Variety Seeking, sedangkan variabel dependennya yaitu Brand Switching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk dan Variety Seeking terhadap Brand Switching handphone merek Nokia ke smartphone merek Vivo (Studi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasi dengan menggunakan analisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong yang menggunakan handphone merek Nokia kemudian berpindah ke smartphone merek Vivo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik non probability dengan pendekatan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Atribut Produk dan Variety Seeking secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Brand Switching. Hasil uji menunjukkan bahwa variabel Variety Seeking yang paling dominan dalam penelitian ini.

Keywords


Atribut Produk; Variety Seeking; Brand Switching

Full Text:

PDF

References


Farida, F., Nurwanita, N., & Ferdiawan, F. (2020). Pengaruh Berbagai Faktor terhadap Brand Switching Handphone pada Mahasiswa Fakultas dan Ekonomi Islam IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 89–109. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i2.13.89-109

Hadi, A. S. (2021). The influence of product attribute, promotion mix, distribution channel, and price toward repurchase intention on iPhone. Asian Management and Business Review, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.20885/ambr.vol1.iss2.art2

Harjadi, D., Nurfatimah, S., Kuningan, U., Kuningan, K., & Barat, J. (2021). Brand Switching Behavior From Samsung To Oppo Among Millenials. Trikonomika, 20(1), 41–46. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v20i1.3853

Jasmani, J., Sutiman, S., & Sunarsi, D. (2020). Analysis of the Effect of Prices, Promotions and Products on Purchase Interest Impacts on Consumer Satisfaction of VIVO Brand Mobile Phones in South Tangerang Region. Jurnal Ad’ministrare, 7(1), 73. https://doi.org/10.26858/ja.v7i1.13585

Mahayu Putri, E., & Astuti, M. (2020). Analisis Perpindahan Merek (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Oppo Di Ciganjur, Jagakarsa). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 333–341. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i4.126

Putranto, A. T. (2019). Pengaruh Atribut Produk, Promosi Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching. JURNAL SeMaRaK, 1(3). https://doi.org/10.32493/smk.v1i3.2248

Satya, A., & Irna, C. (2016). Product Attributes and Price on Purchase Decision of Xiaomi Smartphone. Trikonomika, 15(1), 40. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v15i1.398

Setiawan, R. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Vivo Smartphone Pada Pt Salim Surya Phone Di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(1), 55. https://doi.org/10.54144/jadbis.v8i1.3240

Wibowo, S. F., Kurnaen, T., & P, A. K. R. (2014). Pengaruh atribut produk dan variety seeking terhadap keputusan perpindahan merek handphone nokia ke smartphone samsung ( Survei pada outlet Okeshop ITC Roxy Mas , Jakarta Pusat ). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 5(1), 21–41.

Winarti, Y., Sarkum, S., & Halim, A. (2021). Product Innovation on Customer Satisfaction and Brand Loyalty of Smartphone Users. Journal of Applied Business Administration, 5(2), 179–187. https://doi.org/10.30871/jaba.v5i2.3166 Yogyakarta, S. (2021). Analisis pengaruh. 5(September 2005), 90–104.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Normaliant Praba Irnanda, Retno Dewi Wijiastuti, Ramli Lewenussa, Nur Aeni Waly, Wisang Candra Bintari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diindeks dan diabstraksi oleh:

 

 


Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Artikel PERKUSI telah melalui proses tinjauan sejawat sebelum dipublikasikan. Jurnal, Editor dan dewan redaksi berhak atau berkewajiban untuk menghapus atau menarik artikel yang memuat data yang tidak akurat dan menyesatkan jika ada. Baca Kebijakan Plagiarisme dan Etika Publikasi. Penggunaan situs ini menandakan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan.