Analisis Hukum Islam Dalam Pembayaran Upah Penitipan Hewan (Studi Kasus Dusun 1, Kec. Terbanggi Besar, Kab. Lampung Tengah)

Ibnu Ghufron Jadzuli, Khumaidi Ja'far, Muhammad Iqbal Fasa

Abstract


Transaksi upah secara umum dalam Islam telah banyak yang melakukanya. Masyarakat Islam di Indonesia salah satunya, bahkan yang beragama diluar Islam, juga mengalami atau mengenal istilah “upah”. Proses Upah mengupah terjadi karena adanya hubungan timbal balik antara yang terlibat dalam transaksi sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih karena telah menolongnya, baik dalam bentuk pekerjaan fisik ataupun non fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hukum Islam terhadap sistem upah pemeliharaan hewan ternak di Dusun 1, Kecubung, Kec.Terbanggi Besar, Kab.Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian Lapangan (field research). Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti menggunakan beberapa metode pengumpul data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi setelah data tersebut terkumpul maka dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hal ini sesuai kesepakatan antara kedau belah pihak yaitu pemilik hewan dan yang memelihara hewan tersebut. Namun kesepakatan antara kedua belah pihak tersbeut hanya melalui kesepakatan sebatsa lisan tanpa adanya tulisan atau surat menyurat diantara kedua belah pihak untuk memperkuat kesepakatan tersebut. Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap kasus tersebut masih belum sepenuhnya  sesuai dengan syariat Islam, dikarenakn dari hasil penelitian, sistem bagi hasil atau upah dari si pemilik hewan terhadap pengelola hewan ada unsur ketidak pastian, dikarenakan anak yang dikandung oleh babon hewan tersbeut belum tentu ada atau lahir secara sehat dan sempurna.

Keywords


Upah; Penitipan Hewan

Full Text:

PDF

References


Chairuman Pasaribu dan Suhrawardi K. Lubis, Hukum Perjanjian Dalam Islam, Jakarta: Sinar Grafika, 1996

Fathurrahman Djamil, Penerapan Hukum Perjanjian dalam Transaksi di Lembaga Keuangan Syari’ah, Jakarta: Sinar Grafika, 2012

Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi dan Ilustrasi,Yogyakarta: Ekonisia, 2012

Lubis,Hukum Ekonoomi Islam, Jakarta: Sinar Grafika, 2004

Muhammad Khathib Asy-Syarbini, Al-Iqna` fi Halli Alfazhi Abi Syuja`, Beirut, Darul Fikr: 1405 H

Muhammad Syafi’i Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Jakarta: Gema Insani Press, 2013

Rahman,Economic Doctrines of Islam, Terj. Soeroyo Nastangin, “Doktrin Ekonomi Islam”, Jilid 2, Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1995

Rahmat Syafi‟I, Fikih Muamalah, Bandung: Pustaka Setia, 2006

Ruslan Abdul Ghofur, Konsep Upah Dalam Ekonomi Islam, Arjasa Pratama: Bandar Lampung

Sayyid Sabiq, Fiqh Sunnah, Jilid III, Beirut:Dar kitab al Arabi, 1971

Syobar, K., et al. (2020). The Effect of Service Quality and Price on Purchase Decisions in Woodpecker Coffee in South Jakarta. Solid State Technology, 63(6), 1491-1504.

Wahbah Az-Zuhaili, Fiqh Islam wa Adillatuhu (Hukum Transaksi Keuangan, Transaksi Jual beli, Asuransi, Khiyar, Macam-Macam Akad Jual beli Akad Ijarah (Penyewaan), jilid 5, Jakarta: Gema Insani, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ibnu Ghufron Jadzuli, Khumaidi Ja'far, Muhammad Iqbal Fasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diindeks dan diabstraksi oleh:

 

 


Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan dan Sumber Daya Manusia diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang.

Artikel PERKUSI telah melalui proses tinjauan sejawat sebelum dipublikasikan. Jurnal, Editor dan dewan redaksi berhak atau berkewajiban untuk menghapus atau menarik artikel yang memuat data yang tidak akurat dan menyesatkan jika ada. Baca Kebijakan Plagiarisme dan Etika Publikasi. Penggunaan situs ini menandakan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan.