Pengaruh Kualitas Produk, Penetapan Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Persepsi Merek (Pada PT. Megapolitan di Jakarta)

Amirudin Amirudin, Ade Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Penetapan Harga dan  Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Persepsi Merek Pada  PT. Megapolitan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan asosiatif. Tanggapan responden tentang kualitas produk mendapatkan score 4,00, penetapan harga sebesar 4,05, kualitas pelayanan sebesar 3,67, kepuasan pelanggan sebesar 4,09 dan persepsi merek sebesar 3,87. Secara keseluruahn kondisi variabel berada dalam rentang skala 3,40-4,19 dengan kriteria baik. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 42,71%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 3,617 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (3,617 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan nilai probability 0,0007 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 29,93%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 2,529 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (2,529 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan nilai probability 0,0149 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 24,538%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 2,268 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (2,268 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan nilai probability 0,0280 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, kualitas produk, penetapan harga dan kualitas pelayanan memiliki berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 0,750131 + 0,427135X1 + 0,299308X2 + 0.245388X3, dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 52,92% dan sisanya 47,08% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai F-statistic lebih besar dari f tabel  atau (17,23561 > 2,700) hal itu juga dibuktikan dengan Prob.(F-statistic < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas produk, penetapan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap persepsi merek sebesar 34,96%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 2,082 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (2,082 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan probability 0,0427 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap persepsi merek.


Keywords


Kualitas Produk, Penatapan Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Persepsi Merek

Full Text:

PDF

References


Algifari, 2010, “Analisis Regresi”, Yogyakarta, 2010.

Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa”, CV. Alfabetha, Bandung, 2009.

Angipora Marius P. “Dasar-Dasar Pemasaran”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.

Anoraga Panji, “Psikologi Kerja”, Rineka Cipta, Jakarta, 2009.

Arief S. Sadiman, dkk, “Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya”, Rajawali Press, Jakarta, 2011.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2010.

Assauri, Sofian, “Manajemen Produksi Dan Operasi“, LPFE Universitas Indonesia, Jakarta, 2012.

Chandon, P., Wansink, B. and Laurent, G, “A Benefit Congruency Framework of Sales Promotion Effectiveness”, Journal of Marketing, Forthcoming, 2012.

Chandra, Gregorius, “Strategi Dan Program Pemasaran”, Andi Offset, Yogyakarta, 2011.

Darmadi, Sugiarto, “Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merek”, Edisi Pertama, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2014

David W.Craven “Strategic Marketing”, Mc-Graw Hill International, 2014.

Durianto, D., Sugiarto, “Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.

G.R. Terry, & Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemen”, Bumi Aksara, Jakarta 2010.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2011

Handi Chandra, Prinsip Kepuasan Nasabah”, Cetakan kelima, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2013.

Hasan, Ali. 2013. Marketing. Media Utama, Yogyakarta.

Hasibuan, SP, “Dasar-dasar Perbankan”, Haji Masagung, Jakarta, 2012.

Hurriyati, Ratih, “Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen”, CV. Alfabetha, Bandung, 2012.

Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaran”, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2012

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller, “Manajemen Pemasaran” terj :Bob Sabran, Edisi 13 jilid 1 dan 2, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaran”, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip. dan Kevin Lane Keller, ”Manajemen Pemasaran”, PT Macaman Jaya Cemerlang, Jakarta, 2012.

Laksana, Fajar, “Manajemen Pemasaran”, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2013

Lovelock & Wright, “Principle of Services Marketing And Management”, Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey, USA, 2011.

M.F.Shellyana J & H.Hidayat, “Hubungan Antara Persepsi Harga Konsumen Dan Konsep Pemasaran Terhadap Produk Merk Toko”, Dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan, Jakarta, 2012.

Malayu S.P Hasibuan, “Dasar-dasar Perbankan”, Haji Masagung, Jakarta, 2012.

Marknesis, Tim, “Customer Satisfaction and Beyond”, Marknesi, Yogyakarta, 2012.

Monroe, K. B. & Chapman, J.D. (2010). “Framing Effect of Buyers’ Subjective Product Evaluations”, In Advances in Consumer Research Journal, Provo, UT: Association for Consumer Research,(193-197).

Mullins Jhon W, C.Orville, Jean-Claude Larreche, dan Harper W Walker Boyd, “Manajemen Pemasaran”, Erlangga, Jakarta, 2012.

Nanang Tasunar, “Kualitas Pelayanan”, Gramedia Pustaka Utama, Ghalia Indonesia, Bogor, 2006.

Nugroho, Agung Ariyawan, “Manajemen Informasi”, Graha Ciptam Jakarta, 2008.

Rangkuti, Freddy, “The Power of Brands Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek, Plus Analisis Kasus dengan SPSS”, PT. Gramedia Utama, Jakarta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jism.v2i4.27582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amirudin Amirudin, Ade Yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen): Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Artikel Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen telah melalui proses tinjauan sejawat sebelum dipublikasikan. Jurnal, Editor dan dewan redaksi berhak atau berkewajiban untuk menghapus atau menarik artikel yang memuat data yang tidak akurat dan menyesatkan jika ada. Baca Kebijakan Plagiarisme dan Etika Publikasi. Penggunaan situs ini menandakan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan.

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats