Komunikasi Bisnis dan Promosi dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral

Alvin Praditya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi bisnis dan promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral di Tangerang Selatan. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 100 responden. Teknik analsis data yaitu analisis deskriptif kuantitaif serta analisis partial least square structural equation modeling (PLS-SEM). Model persamaan yang dianalisis adalah model bagian luar (outer model), model bagian dalam (inner model) dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa komunikasi bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral. Promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan Merek Le Mineral.

Keywords


Komunikasi Bisnis: Promosi; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anugerah, A.W., & Sudarwanto, T. (2017). Garuh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Onde-Ondebo LiemJr Yanik Mojokerto (Studi Pada Konsumen Toko Onde-onde Bo Liemjr Yanik Mojokerto). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1): 107-112.

Azmi, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Travel Milala Tour Medan. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).

Firdayanti, D.I. (2020). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale di Samarinda. Ekonomia. 9(3).

Hasan, A. (2013), Marketing & Kasus-Kasus Pilihan, Cetakan 1. Yogyakarta: PT Buku Seru.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2017), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Amstrong, G. (2017). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Kristanto, J. (2016). Manajemen Pemasaran Internasional. Jakarta: Erlangga.

Latan, H., & Ghozali, I. (2017). Partial Least Squares : Konsep, Metode, dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS.5.0. Edisi Ketiga. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nurjannah, Maghfirah, Yunus, M.H., Ardiansyah, M., & Syukri, M. (2022). Pengaruh Komunikasi Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pondok Service Handphone Makassar Ponsel Kota Palopo. JEMMA (Jurnal of Economic, Management, and Accounting). 5(1).

Priyatna, S., & Ardianto, E. (2008). Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis, Komunikasi Bisnis. Bandung: Widya Padjadjaran

Putri, A.M., & Ruliana, P. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Kepuasan Tenant. Inter Script: Journal of Creative Communication. 1(1).

Sitompul, S. S., Chrispin, G., & Hamzah, M. L. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 27-37. https://doi.org/10.55583/invest.v1i1.18

Sucihati, R.N., Susanto, D., & Nandasari, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Semongkat. Samalewa: Jurnal Riset dan Kajian Manajemen. 2(2).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction edisi 3,Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i1.29530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Alvin Praditya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen): Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Artikel Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen telah melalui proses tinjauan sejawat sebelum dipublikasikan. Jurnal, Editor dan dewan redaksi berhak atau berkewajiban untuk menghapus atau menarik artikel yang memuat data yang tidak akurat dan menyesatkan jika ada. Baca Kebijakan Plagiarisme dan Etika Publikasi. Penggunaan situs ini menandakan persetujuan Anda terhadap Ketentuan Penggunaan.

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats