ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA TOKO RITEL XYZ DENGAN METODE SERVQUAL DAN IPA

Asep Subandi

Abstract


Toko XYZ adalah toko ritel yang menjual berbagai macam varian produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan di toko XYZ. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang dilakukan oleh toko ritel XYZ.  Penelitian ini menggunakan metode servqual, customer satisfaction index, dan importance performance analysis. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat penelitian, dan hasil penelitian yang didapat bahwa pelanggan cukup puas dengan pelayanan toko dengan nilai customer satisfaction index sebesar 60%. Perbaikan yang harus diutamakan berdasarkan tingkat kepentingan pelanggan adalah atribut A3, yaitu keindahan atau estetika lingkungan toko.


Keywords


servqual, customer satisfaction index, importance performance analysis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jitmi.v4i2.y2021.p%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281291271314
E-mail: jitmi@unpam.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
 Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

ISSN: 2620-5793 (Print)   ISSN: 2685-6123 (Online)