RANCANG BANGUN TEKNOLOGI FILTERISASI AIR KOTOR MENJADI AIR BERSIH MEMANFAATKAN TEKNLOGI ULTRAFILTERISASI DAN RO

Sofian Bastuti, Rini Alfatiyah, Marjuki Zulziar, Sugiyanto Sugiyanto

Abstract


Kegiatan penelitian ini dibuat untuk merancang desain sebuah alat untuk pengolahan air kotor menjadi air bersih dengan teknologi filterisasi Filtrasi merupakan suatu proses pemisahan air dan partikel padat menjadi campuran heterogen dengan menggunakan media filter. Filtrasi yang terdapat pada sistem kontrol proses filtrasi secara otomatis menggunakan air baku dan air tanah. Air baku yang digunakan adalah filter foam, pasir silika, karbon aktif dll. Otomatisasi kerja air baku atau absorben dalam proses penyaringan air pada sistem ini tergantung dari sifat absorber itu sendiri dalam menyerap garam mineral dan kandungan logam di dalam air. Fokus penelitian ini dilaksanakan menggunakan dengan dua tahap dalam tahapnnya,  yang pertama yaitu pembuatan konsep desain simulasi alat teknologi filterisasi dan diaplikasikan dalam rancangan, tahapan yang kedua membuata uji kinerja alat dengan  Cara menggunkan teknik filterisasi sesuai kaidah standar operasional penggunaan alat yang telah ditetapkan

Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa teknologi filterisasi ini sangat bermanfaat bagi kebersihan air yang merupakan kebutuhan hidup sehari hari bagi manusia, oleh karena itu teknologi ini bisa  menjadi alternatif bagi para rumah tangga untuk menjadikan air menajdi lebih bersih dan bisa layak di konsumsi

Keywords


Filterisasi, Teknologi, Air

Full Text:

PDF

References


Linsley, R.K. dan J. Franzini. (1985). Teknik Penjernih Air. Penerjemah Djoko Sasongko. Jakarta: Erlangga.

Said, N.I. (2008). Pengolahan Payau Menjadi Air Minum dengan Teknologi Reverse Osmosis. Direktorat Teknologi Lingkungan-BPPT.

Soedjono, E.S., Dewi, L.K, Azfah, R.A. (2012). Rancang Bangun Alat Pemurni Air Payau Sederhana Dengan Membran Reverse Osmosis Untuk Memenuhi Kebutuhan Air Minum Masyarakat Miskin Daerah Pesisir. Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. Makalah untuk dipresentasikan pada PPI-KIM’96.

Suripin. (2003). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Semarang. ANDI Yogyakarta.

Susana, Yayuk Tri. (2012). Pemanfaatan Potensi Air Hujan dengan Menggunakan Cistern sebagai Alternatif Sumber Air Pertamanan Pada Gedung Perkantoran Bank Indonesia. Teknik sipil. UniversitasIndonesia.

Untari, Tanti. (2015). Pemanfaatan Air Hujan Sebagai Air Layak Konsumsi di Kota Malang dengan Metode Filter sederhana. Jurnal Pangan dan Agroindustri. Universitas Brawijaya.

Yulistyorini, Anie. (2011). Pemanenan Air Hujan Sebagai Alternatif Pengelolaan Sumber Daya Air di Perkotaan. Teknik Sipil. Universitas Negeri Malang.

Sabine W.C., Collected Papers on Acoustics, Dover Publications, New York 1923




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jitmi.v4i1.y2021.p46-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281291271314
E-mail: jitmi@unpam.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
 Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

ISSN: 2620-5793 (Print)   ISSN: 2685-6123 (Online)