Analisis Produktivitas Proses Produksi Bass String Menggunakan Metode OMAX Untuk Meningkatkan Target Produksi DI PT. YAMAHA INDONESIA

Hasbi Asihydiq, Tedi Dahniar, Marjuki Zulziar

Abstract


Bass String hasil produksi PT. Yamaha Indonesia dalam proses pembuatannya mengalami banyak masalah seperti halnya cacat produksi yang disebabkan oleh mesin. Akibat dari masalah dalam proses produksi ini maka akan timbul kerugian bagi perusahaan yang diakibatkan banyaknya cacat produksi yang terjadi. Analisis dengan metode OMAX dimana setiap proses dilakukan dengan perencanaan yang matang, implementasi yang terukur dan jelas, dilakukan evaluasi dan analisa data yang akurat, serta dapat memberikan gambaran mengenai perkembangan produktivitas perusahaan dan memberikan perbaikan yang menuju pada peningkatan produktivitas dimasa yang akan datang. Cara meningkatkan produktivitas proses senar bass dengan menggunakan metode OMAX (Objective Matrix) yaitu dengan meningkatkan hasil prosentase yang masuk dalam kategori buruk. Analisis ini menemukan empat kategori buruk dengan rasio 1 dipengaruhi oleh kurangnya manajemen yang tepat saat menambahkan peralatan listrik. Administrator didorong untuk meninjau kembali keputusan yang dibuat sehubungan dengan penggunaan energi listrik. Minimalkan penambahan. Karyawan untuk mengatasi produk cacat. Rasio 3 merekomendasikan agar perusahaan yang terkena target produksi lebih meningkatkan koordinasi antar PPIC (Planning Product Inventory Control). Rasio 6 dipengaruhi oleh ketidakhadiran. Jika 100% hadir untuk jangka waktu kurang dari 1, beri perhatian lebih kepada pekerja dengan memberi penghargaan. 6 bulan dari tahun.


Keywords


OMAX, Produktivitas, Indeks.

Full Text:

PDF

References


Adianto, A. S. (2014). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Performance Prism dan Scoring Objective Matrix (OMAX) pada PT. Bpas. Sinergi. 61-70.

Agustina, F. &. (2011). Analisis Produktivitas dengan Metode Objective Matrix (OMAX) di PT. X. Teknik Dan Manajemen Industri. 150-158.

Avianda, D. E. (2013). Strategi Peningkatan Produktivitas di Lantai Produksi Menggunakan Metode Objective Matrix. 202-213.

Sudiman, S., & Fahrudin, W. A. (2021). Perancangan Efektivitas dan Efisiensi untuk Peningkatan Produktivitas Lini Produksi Wellhead dengan Metode Objective Matrix. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(1), 15-22.

Gita Destriana Rahmi, A. B. (2013). Analisis Peningkatan Pro

duktivitas Di Lantai. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 33-40.

Hamidah, N. H. (2013). Analisis Produktivitas menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX): Studi Kasus pada Bagian Produksi Sari Roti PT Nippon Indosari Corpindo, TBK. 215-222.

Julianto, B. &. (2014). Pengukuran Produktivitas Dan Risiko Pada Produksi Rokok Sigaret Kretek Mesin (Skm)(Studi Kasus Pada PT. Cakra Guna Cipta Malang). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 600-612.

Kholil, M. (2016). Analisa Pengukuran Produktivitas Model Objective Matrix pada Departemen Produksi Pabrik Furniture Garden PT. QUARTINDO SEJATI FURNITAMA, Skripsi. Universitas Mercu Buana Jakarta. Jakarta.

Mardalis. (2012). Metode Penelitian (Suatu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nikita Hanugrani, N. W. (2015). Pengukuran Performansi Supply Chain Dengan Menggunakan Supply Chain Operation Reference (Scor) Berbasis Analytical Hierarchy Process (Ahp) Dan Objective Matrix (Omax). Program Studi Teknik Industri, 70-78.

Nurdin, R. (2018). Pengukuran dan Analisis Produktivitas Lini Produksi PT. XYZ Dengan Menggunakan Metode Omax. Surabaya.

Nurdin, R. (n.d.). Pengukuran dan Analisis Produktivitas Lini Produksi PT. XYZ Dengan Menggunakan Metode Omax.

Nurmaydha, A. (2017). Analisis Produktivitas Pada Bagian Produksi Gondorukem dan Terpentin Menggunakan Metode Objective Matrix (Omax)(Studi Kasus Di Pgt Sukun Ponorogo Kesatuan Bisnis Mandiri Industri Non Kayu (KBM-INK) Perum Perhutani Unit II Jawa Timur). Agroindustrial Technology Journal,, 43-55.

Purwanti, A. (2014). Analisis Produktivitas dengan Menggunakan Metode Marvin E. Mundel (Studi Kasus di UD. Sabar Jaya Malang). Malang: Universitas Brawijaya.

Setiowati, R. (2011). Analisis pengukuran produktivitas departemen produksi dengan metode Objective Matrix (OMAX) pada CV. Jaya Mandiri. . Jurnal Teknik dan Manajemen Industri, 150-158.

Silalahi A., A. R. (2014). Usulan Strategi Peningkatan Produktivitas Berdasarkan Hasil Analisis Pengukuran Objectiv Matrix (OMAX) Pada Departemen Produksi Transformer (Studi Kasus PT XYZ),. Jurnal Online Istitut Teknologi Nasional, 84-95.

Sinungan. (2015). Produktivitas, Apa dan Bagaimana, Penerbit BumiAksara. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jitmi.v4i2.y2021.p91-97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281291271314
E-mail: jitmi@unpam.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
 Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

ISSN: 2620-5793 (Print)   ISSN: 2685-6123 (Online)