Penilaian Kinerja Menggunakan Pendekatan Kriteria Malcolm Baldrige: Studi Kasus Dealer Otomotif
Abstract
Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil analisis pengukuran kinerja bersarakan Baldrige Excellennce Framework (BEF) sehigga bisa melakukan evaluasi untuk meningkatkan kinerja Sales dan Service. Dengan mengetahui dimana posisi kelas organisasi Dealer Hino Indonesia menurut kriteria Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) dan mengetahui langkah sistematis seperti apa yang bisa dipakai untuk Proses perbaikan, serta menentukan strategi apa yang bisa dilakukan agar bisa meningkatkan penjualan Unit dan Service. Metode penelitian ini dengan mengumpulkan data dengan melalui pengisian kuesioner, wawancara dengan para pemangku kepentingan, telaah dokumen dan melalui observasi. Kuesioner dibagikan kepada 105 (seratus lima) Karyawan dari total 123 populasi yang jabatannya tergolong kategori diatas Supervisor. Evaluasi terhadap kinerja berdasarkan 7 (tujuh) kriteria yang terdapat didalam BEF yang memiliki 2 (dua) dimensi, yaitu Dimensi Proses dan Dimensi Hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria dengan persentase skor tertinggi adalah kategori Tenaga kerja, dan kriteria terendah adalah Kategori Kepemimpinan dengan total skor untuk Dealer Hino Indonesia adalah 435 poin (Global Average – Early Improvement). Hasil nilai skor ini menurut persepsi responden internal dan sudah di interpolasikan terhadap rata-rata nilai KPKU di Indonesia (600 poin). Sehingga strategi yang bisa dilakukan agar bisa meningkatkan penjualan Unit dan Service adalah: -Para Karyawan harus bisa mempertahankan serta meningkatkan hubungan baiknya dengan para leasing. -Melakukan penambahan jumlah karyawan juga mengasah kemampuan negosiasinya dengan pelanggan. -Terus mengembangkan pemasaran unit maupun service melalui media social. -Evaluasi fungsi kordinasi Dealer dengan HMSI terkait Distribusi Parts.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A, I. G. A. D. I., Hartiati, A., Anom, C., & Sadyasmara, B. (2018). Analysis The
Effect Of Product Quality And Service to
Customer Satisfaction Using Importance
Performance Analysis Method In
Twissterdog Denpasar
Anggraini, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index the Analysis of Consumer Perception Used Importance Performance Analysis Method and. Jurnal Industri, 4(2), 74–81. http://search.ebscohost.com/login.aspx?di rect=true&db=bth&AN=44033223&site= ehost-live
Citra Wiguna. (2018). Penerapan Malcolm Baldrige Dalam Sistem Penilaian Kinerja Manajemen Bidang Kesehatan. Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.37396/jsc.v1i1.2
Diponegoro, U., & Faiz, M. (2006). Tesis
PROGRAM PASCA SARJANA.
Fajri, L., Sugiarto, S., & Anggraini, R. (2019).
Penerapan Metode Ipa (Importance
Perfomance Analysis) Untuk Menganalisis Kepentingan Dan Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Bus Trans Koetaradja (Studi Kasus : Koridor I Keudah – Darussalam). Jurnal Arsip Rekayasa Sipil Dan Perencanaan,
(2), 164–173. https://doi.org/10.24815/jarsp.v2i2.13453
Heryenzus dan Suali. (2018). Analisis Kinerja Organisasi Berdasarkan Kriteria. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(1), 64–72.
Heryenzus, & Suali. (2018). Analisis Pendekatan Malcolm Baldrige Terhadap Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Kota Batam. Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 1, 79–84.
Indrajaya, D. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index Pada Ukm Gallery. IKRA-ITH Teknologi, 2(3), 1–6. file:///F:/Mendeley ke 2/325-Article Text-
-1-10-20181118.pdf
Industri, J. T. (2013). Sistem Perangkat Lunak untuk Internal Assessment Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (kriteria 1 -kepemimpinan) *
ARYADI SEPTERAWAN PRAWIRA, SUGIH ARIJANTO, CAHYADI NUGRAHA. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Oktober, 1(2).
Nusantari, N. K., & Taroepratjeka, H. (2015).
Pengukuran Performansi Berdasarkan
Malcolm Baldrige For Performance Excellence (MBCfPE) Pada Kriteria Pengukuran, Analisis Dan Manajemen Pengetahuan Di Hotel X. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 03(2), 59–68. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/reka integra/article/view/749/949
Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo (Persero). J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 9(1), 1–
https://doi.org/10.12777/jati.9.1.1-10
Purbosani, I. (2011). Perancangan Tqm Scorecard Berbasis Kriteria Malcolm Baldrige National Quality Award 2009-
Untuk Industri Jasa Konstruksi
Dengan Metode Ahp Dan Fuzzy Ahp
Tesis.
Suhendra, A., & Prasetyanto, D. (2016). Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2(2), 59–70. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/reka racana/issue/view/164
Susanto, E. (2018). Analisis Pendekatan Malcolm Baldrige Criteria For Performance Excellence (MBCfPE) TERHADAP KINERJA DI PT. KINENTA INDONESIA. Jurnal Sistem Teknik Industri, 19(1), 1–6. https://doi.org/10.32734/jsti.v19i1.358
Sutherasan, S., Aungsuroch, Y. (2008). Total quality management activities after hospital accreditation from the opinion of hospital accreditation coordinators in Thailand. Med J 2008;26(4):313-321.
Songkhla
Sutikno, A.S.P,M., Wurjaningrum, F. (2015).
Analisa Pengaruh Penerapan Manajemen
Kualitas Dengan Mbnqa Kriteria
Terhadap Kinerja Bisnis Pada Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 8. No. 1, April 2015. Surabaya
Talib, F., Rahman, Z., Azam, M.(2011). Best Practices of Total Quality Management Implementation in Health Care Settings.Health Marketing Quarterly,
:232–252. India
The Joint Commission. (2014). Comparison Between Joint Commission Standards, Malcolm Baldrige National Quality Award Criteria, and Magnet Recognition Program Components. Joint Commission Resources. CA
Unger, K.L. (2013). An Investigation Into The Effects Of Winning The Malcolm Baldrige National Quality Award On The Performance Of Hospitals/Healthcare Systems. Degree of Doctor of Philosophy Colorado State University. Colorado
Utomo, A.P., Murti, H. (2016). Perancangan Model Pre Assesment Manajemen Kinerja Universitas Menggunakan Kriteria Malcolm Baldrige (Studi Kasus : Universitas Stikubank Semarang). INFOKAM Nomor I Th. XII/MARET/
Semarang
Waskito, H.H., Agustina, L. (2015). Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Pada Rsud Kota Semarang. Accounting Analysis Journal AAJ 4 (1) (2015). Semarang
Wibisono, E. (2013). Balanced Scorecard, Malcolm Baldrige National Quality Award & Performance Prism: Tinjauan Evolusi Dua Dekade Sistem Pengukuran Kinerja. Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Industri Universitas Surabaya. Surabaya
DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jitmi.v6i1.y2023.p1-9
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417
Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281291271314
E-mail: jitmi@unpam.ac.id
Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.