Perancangan Industri Jasa Cleaning Service Rumahan dengan Pendekatan Metode Servqual Dan QFD

Rusmalah Rusmalah

Abstract


Perancangan layanan jasa cleaning service rumahan dengan menggunakan metode Service Quality di mana terdapat presentase Gap pada dimensi Realibility sebesar 19,6%, Responsive 20,1%, Assurance 19,3%, Emphaty 21%, dan Tangible sebesar 20,4 %. Penggunaan Quality Function Deployment (QFD) dimana menjadikan tingkat kepuasan pelanggan sebagai Voice of Customer (suara pelanggan) dan membentuk House of Quality serta mendapatkan 8 Respon Teknis untuk membentuk layanan jasa cleaning service rumahan serta menggunakan Analisa Faktor untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi diperlukannya layanan jasa cleaning service rumahan.

 

 


Keywords


Cleaning Service, Service Quality, Quality Function Deployment

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jitmi.v1i2.y2018.p131-136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281291271314
E-mail: jitmi@unpam.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
 Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

ISSN: 2620-5793 (Print)   ISSN: 2685-6123 (Online)