Strategi Keunggulan Bersaing Industri Retail Komponen Otomotif dalam Upaya Meningkatkan Kinerja di PT. Astra Otoparts Tbk

Ruspendi Ruspendi

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk merancang ulang strategi keunggulan bersaing di PT.AstraOtoparts Tbk DivisiRetailShop& Drive. Populasi yang dipilih dalampenelitianiniadalah pelanggan yang melakukan transaksi di Shop & Drive area Jakarta. Sampelyangdiambilpada penelitian ini adalah 100 responden. Data kuesioner dikumpulkan dengan menggunakan skala likert 1 (tidaksetuju)sampai dengan 5 (sangat setuju). Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Untuk membuat strategi digunakan Analisa SWOT. Model dapat diterima dengan goodness of fit, yaitu Chi-Square=0.00, df=0, P-value=1.0000, RMSEA=0.000. Analisis kausal menunjukan bahwa diferensiasi, inovasi danorientasikewirausahaanberpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Sedangkan orientasi pasar tidak berhubungan dengan keunggulan bersaing perusahaan. Hubungan kausalitas ditunjukan variabel keunggulanbersaingdengankinerjaperusahaan. Strategi yang bisa diterapkan adalah pengembangan layanan, varian produk baru, garansi produk, dan perluasan jaringan.

Penelitian ini dilakukan untuk merancang ulang strategi keunggulan bersaing di PT.0Astra0Otoparts Tbk Divisi0Retail0Shop0& Drive. Populasi yang dipilih dalam0penelitian0ini0adalah pelanggan yang melakukan transaksi di Shop & Drive area Jakarta. Sampel0yang0diambil0pada penelitian ini adalah 100 responden. Data kuesioner dikumpulkan dengan menggunakan skala likert 1 (tidak0setuju)0sampai dengan 5 (sangat setuju). Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis) untuk mengetahui hubungan antar variabel. Untuk membuat strategi digunakan Analisa SWOT. Model dapat diterima dengan goodness of fit, yaitu Chi-Square=0.00, df=0, P-value=1.0000, RMSEA=0.000. Analisis kausal menunjukan bahwa diferensiasi, inovasi dan0orientasi0kewirausahaan0berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Sedangkan orientasi pasar tidak berhubungan dengan keunggulan bersaing perusahaan. Hubungan kausalitas ditunjukan variabel keunggulan0bersaing0dengan0kinerja0perusahaan. Strategi yang bisa diterapkan adalah pengembangan layanan, varian produk baru, garansi produk, dan perluasan jaringan.


Keywords


Diferensiasi,Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan,Keunggulan Bersaing, Kinerja Perusahaan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jitmi.v2i1.y2019.p18-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281291271314
E-mail: jitmi@unpam.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
 Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

ISSN: 2620-5793 (Print)   ISSN: 2685-6123 (Online)