Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan TI ISTN)

Erika Erika

Abstract


Tingkat kesuksesan  perusahaan jasa dapat diukur dari seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Kepuasan merupakan gap yang terjadi antara persepsi dan harapan pelanggan. Perpustakaan merupakan salah satu lembaga penyedia jasa yang vital dalam dunia pendidikan, begitu pula dengan Perpustakaan Teknik Industri ISTN. Pada penelitian ini fokus analisis adalah pada fasilitas peminjaman buku yang diberikan kepada mahasiswa.  Untuk melihat sistem kualitas jasa pada sistem perpustakaan digunakan dimensi kualitas jasa dalam “Assessment of Library Service Quality”, serta dengan menggunakan Dimensi Kualitas Jasa dari Bery & Parasuraman. Dari perhitungan gap diperoleh hasil bahwa semua dimensi bernilai negatif yang berarti persepsi pelanggan tidak sesuai dengan harapan mereka. Namun dari plot rata-rata dimensi pada diagram dua dimensi 7 variabel masuk pada kuadra ke Tiga  yang berarti konsumen sudah puas dengan pelayanan Perpustakaan TI ISTN.


Keywords


Perpustakaan, Assessment of Library Service Quality, Dimensi Kualitas Jasa Bery & Parasuraman

Full Text:

PDF

References


Cook, C dan Heath, F. M., User’s Perception of Library Service Quality: A Libqual + Qualitative StudI, 2001, University of Illinois.

Cook, C., Heath, F. M., dan Thompson. B., User’ Hierarchical Perspectives on Library Service Quality: A” Libqual +” Study, 2001, University of Illinois.

Ghozali, I., Analisis Multivariat dengan Program SPSS.Semarang, 2005, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Libqual report engineering,doc. Assessment of Library Service Quality: Library and Information Service Centre of Sirindhorn International Institute of Technology.

Nimsomboon, N. dan Nagata, H., Assessment of Library Service Quality at Thammasat University Library System, 2003, Thailand: Department of Library Science Faculty of Liberal Arts Thammasat University.

Parasuraman, A. et al., Delivering Quality Service – Balancing Customer Perception and Expectation, 1990, London: Collier Macmillan Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jitmi.v2i2.y2019.p126-130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281291271314
E-mail: jitmi@unpam.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
 Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

ISSN: 2620-5793 (Print)   ISSN: 2685-6123 (Online)