Pengaruh Kompensasi, Kecerdasan Spiritual, Gender dan Usia Terhadap Komitmen Organisasi Dosen Teknik Industri X di Tangsel

Authors

  • Khoirunnisa Khoirunnisa Universitas Pamlang
  • Sri Utami Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.32493/jitmi.v3i1.y2020.p43-48

Keywords:

Kompensasi, keserdasan spiritual, Usia, Gender dan Komitmen Organisasi.

Abstract

SDM (Dosen) yang berkualitas memerlukan keterlibatan yang tinggi terhadap pekerjaaan atau organisasi yang disebut sebagai komitmen organisasi. Berdasarkan penelitian terdahulu oleh faktor imbalan dan faktor personal mempengaruhi komitmen organisasi dosen. Pada penelitian ini, penulis ingin melihat sumbangan proporsi varian yang dijelaskan oleh kompensasi, faktor personal dalam bentuk kecerdasan spiritual individu, jenis kelamin dan usia yang dapat memberikan pengaruh terhadap komitmen organisasi dosen. Responden pada penelitian ini hanya dapat diperoleh  30 dosen Teknik Industri X, dengan Jenis penelitian Deskriptif statistic. Hasil dari penelitian ini adalah kompensasi memiliki signifikasi 0,000 < 0,05 dengan kenaikan 0,719 berpengaruh pada komitmen organisasi, kecerdasan spiritual memiliki signifikansi 0.007 < 0,05 dengan kenaikan 0,13 berpengaruh pada komitmen Organisasi. Usia memiliki nilai 0,95>0,05 yang menunjukkan tidak signifikannya variabel tersebut meskipun memiliki koefisien 3,155 lebih besar proporsinya dari variabel lain dalam mempengaruhi komitmen organisasi. Lalu gender memiliki nilai 0,124>0,05 yang menunjukkan tidak signifikannya variabel tersebut dengan koefisien regresi yang rendah (-3,014) atau tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi. Namun jika diuji secara simultan variabel  kompensasi, spiritual quetiont, gender dan usia secara bersama-sama berpengaruh sebesar 86,5% terhadap komitmen organisasi dosen.

 

References

Bernardin H. John & Joyce F. A. Russel. (2010). Human Resources Management an Experimental Approach. Singapore. McGraw Hill, Inc.

, (2010). Human Resource Management An Experiential Approach. New York. McGraw Hill.

Luthans, Fred, 2011, Perilaku Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia, Penerjemah

Vivin A, Shekar Purwanti, dan Winong Rosari, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Mathis, L. Robert dan Jackson, H. John, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta.

Nitisemito, Alex. S., 2009, Manejemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Riduwan dan Engkos, 2011, Cara menggunakan dan Memaknai Path Analysis. Alfabeta, Bandung.

Robbins, S.P and Judge, 2013, Perilaku Organisasi, Salemba Empat, Jakarta

, 2008, Perilaku Organisasi, Edisi 12, Prentice Hall, Djakarta

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles