PENERAPAN METODE MOVING AVERAGES, WEIGHTED MOVING AVERAGES DAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA TINGKAT PENJUALAN UMPAN PELET CAP WAYANG DI TOKO PANCING DOLFHIN

Khasbunallah Khasbunallah

Abstract


Demi menjaga kepuasan pelanggan terhadap barang dagangannya, toko pancing dolphin selalu memberikan barang dagang yang terbaik dan stock yang selalu ada, tetapi kenyataan dilapangan menunjukan bahwa ada beberapa kali toko mengalami kekosongan stock dan beberapa kali mengalami penumpukan barang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pemulusan eksponensial untuk satu tahun kedepan adalah 2311 bungkus dan mengunakan metode EOQ untuk mengetahui pemesanan optimum nya adalah 55 bungkus, dan kapan toko harus memesan ulang adalah ketika stock tersisa 46 bungkus. Kemudian meneliti analisa pasar untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap toko pancing dolphin menggunakan metode SWOT dimana strategi pemasaran berada pada kuadran 1. Diharapkan toko dapat menerapkan usulan dari peneliti dan mempertahankan strategi pasar

Keywords


WMA. MA, Eksponensial Smooting, pemasaran

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah E, Firman (2013). Penjadwalan Produksi Menggunakan Pendekatan Theory Of Constraint Di Line Perakitan Sepeda Motor. Fakultas Teknik Universitas Stikubank Semarang.

Heizer, Jay, dan Barry Render. 2014. Manajemen Operasi. Edisi Kesebelas. Terjemahan oleh Kurnia Hirson, dkk. 2015. Jakarta: Salemba Empat.

Kurnia, D., Bastuti, S., & Istiqomah, B. N. (2018). Analisis Pengendalian Bahan Baku Pada Produk Tas Dengan Menggunakan Metode Material Requirements Planning (Mrp) Untuk Meminimalkan Biaya Penyimpanan Di Home Industry Amel Collection. Jitmi (Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri), 1(1), 22-28.

Gaspersz , Vincent. 2009. Production Planning and Inventori Control. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Erlangga, Jakarta

Makridakis,Wheelwright,Mcgee. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan. Binarupa Aksara,

Niko Wahyudi Saputra. 2014. Tugas Akhir Analisis Kepuasan Pelanggan. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

Rangkuti Freddy. 2011. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Rangkuti Freddy. 2014. Analisa SWOT Teknik Pembedahan Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jitmi.v3i1.y2020.p76-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281291271314
E-mail: jitmi@unpam.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
 Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

ISSN: 2620-5793 (Print)   ISSN: 2685-6123 (Online)