Analisa Tingkat Risiko Kecelakaan Dengan Menggunakan Metode Hazard Identification Risk Assesment Determining Control (Hiradc) Untuk Menurunkan Kecelakaan Kerja Di PT. Berkah Mirza Insani

Heri Muryanto

Abstract


PT. Berkah Mirza  Insani merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur, yang memproduksi Compressed Natural Gas. Dalam penelitian ini penulis akan membahas keselamatan dan kesehatan kerja yang mengarah pada risiko kecelakaan kerja di divisi produksi, keselamatan dan kesehatan kerja sangat penting bagi pekerja dalam menjalankan aktifitas produksi. Penulis menganalisa nilai risiko kecelakaan kerja yang terjadi di divisi produksi tahun 2016.  Metode yang digunakan oleh penulis adalah Hazard Identification Risk Assessment Determining Control (HIRADC), dari analisa data tahun 2016 diperoleh nilai risiko tertinggi yaitu ledakan karena over pressure dengan hasil penilaian risiko besar nilai Likehood 1 (Remotely possible), risiko ini sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi, untuk nilai Exposure 10 (Continously) dikarenakan pekerja berada di area terus-menerus setiap harinya, untuk nilai Consequences 50 (Disaster) hal ini dapat menyebabkan hal yang berhubungan dengan kematian dan kerusakan lingkungan, berdasarkan penentuan nilai diatas didapatkan nilai Level Of Risk 500 (Very high). Dengan usulan perbaikan melalui penerapan metode Hazard Identification Risk Assessment Determining Control (HIRADC) selama januari 2017 diharapkan tingkat kecelakaan dan nilai risiko yang terjadi dapat menurun. Masih perlu dilakukan perbaikan lagi untuk benar-benar menghilangkan potensi bahaya yang dapat terjadi.

 


Keywords


Keselamatan dan kesehatan kerja, HIRADC, Tingkat risiko.

Full Text:

PDF

References


Anizar, 2012, Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Danngur Konradus, S.H., M.H. 2012, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Membangun SDM Pekerja yang Sehat, Produktif dan Kompetitif) Bangka Adinatha Mulia, Jakarta.

Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd, 2015 Ergonomi dan Kesehatan Keselamatan Kerja Remaja Rosdakarya, Jakarta.

Edhie Sarwono, 2002, Green Company, Pedoman Pengelolaan Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, PT. Astra Internasional Tbk, Jakarta.

Indah Rachmatiah Siti Salami, 2015, Kesehatan dan Keselamatan kerja lingkungan, , Gadjah Mada University Press, Jakarta.

John Ridley, 2008, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Erlangga, Jakarta.

Soehatman ramli, BE, SKM, MBA. 2013, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001, Dian rakyat, Jakarta.

Tarwaka, PGDip.Sc., M.Erg., 2008, Manajemen dan Implementasi K3 di tempat kerja,Harapan Press, Surakarta

Tarwaka, PGDip.Sc., M.Erg., 2012, Dasar-dasar Keselamatan Kerja Serta Pencegahan Kecelakaan di tempat kerja, Harapan Press, Surakarta.

Soehatman ramli, BE, SKM, MBA. 2011, Pedoman Praktis Manajemen Risiko Dalam Persefektif K3, Dian Rakyat, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jitmi.v3i2.y2020.p105-113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri)

Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417

Telp/Fax: (021) 7412566
Handphone: +6281291271314
E-mail: jitmi@unpam.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
 Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

ISSN: 2620-5793 (Print)   ISSN: 2685-6123 (Online)