BERBAGI BERSAMA UNTUK USTADZ DAN USTADZAH YANG TERDAMPAK PSBB DAN COVID-19 DI WILAYAH KECAMATAN PARUNG PANJANG

Authors

  • Muhammad Nurhamdi Universitas Pamulang
  • Dewi Nari Ratih Permada Universitas Pamulang
  • Raden Chepi Safei Jumhana Universitas Pamulang
  • Lativa Lativa Universitas Pamulang
  • Sawukir Sawukir Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v1i2.p47-51.6373

Abstract

Shodaqoh yang berada didaerah Kec. Parung Panjang., Kab.Bogor. Provinsi Jawa Barat. Adapun kegiatan pengabdian yang kami lakukan ini terkait dengan permasalahan social ekonomi yang muncul karena adanya pandemi Covid-19. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah memberikan solusi untuk Ustadz/Ustadzah agar tetap bisa mendapatkan penghasilan selama pandemic covid-19 yang berada di wilayah Kec. Parung Panjang khususnya di Desa Ginjil dan Desa Jagabaya serta memberikan solusi untuk ustadz/ustadzah yang tidak dapat mengajar pada murid-muridnya, tidak dapat memberikan Ceramah/Kultum bila tidak melakuannya secara tatap muka langsung yang berada di wilayah Kecamatan. Parung Panjang khususnya di Desa Ginjil dan Desa Jagabaya. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan antara lain survey lokasi yang akan menjadi sasaran PKM serta pemantapan dan penentuan lokasi dan sasaran PKM. Tahap pelaksanaan antara lain memberikan bantuan kepada Ustad/Ustadzah berupa sembako dan memberikan pengarahan / penyuluhan kepada Ustad/Ustadzah agar dapat memberikan ceramah/kultum, pengajian/pelajaran pada murid-muridnya serta masyarakat di wilayah tersebut.secara online. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat kepada Ustadz dan Ustadzah di wilayah kecamatan Parung Panjang adalah Ustadz dan Ustadzah memperoleh keringanan beban hidup karena dampak PSBB, serta memberikan pemahaman metode pengajaran online seperti dengan menggunakan media pembelajaran online selama pandemi covid-19.

Kata Kunci: Donasi, Ustadz/Ustadzah, PSBB, Covid-19

Downloads

Published

2020-07-29

Issue

Section

Articles