Meningkatkan Pengetahuan Dengan Membaca Di Komunitas Belajar Anak

Kenda Candra Diri, Puspa Anggoro Prapti Dewi, Lusiana Zulfah Agustin, Muhammad Rizki Hidayatullah Norris

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca sehingga dapat meningkatkan pengetahuan yang dimiliki. Kegiatan ini penting dilakukan karena selama pandemi dilakukan pembelajaran secara online yang akan mempengaruhi kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) itu sendiri. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan secara tatap muka dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan. Adapun objek dalam kegiatan ini adalah anak-anak di Komunitas Belajar Anak yang berlokasi di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Hasil menunjukkan bahwa setelah pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan meningkatnya dorongan semangat untuk terus belajar membaca sehingga mendapatkan pengetahuan yang seluas-luasnya. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi anak-anak komunitas tersebut untuk kedepannya.

 

Kata Kunci: Membaca; Motivasi; Pengetahuan


Full Text:

PDF

References


Faizah, S., Hasanah, N., Amelia, R., Aisyah, N., & Pratiwi, A. D. (2021). Sosialisasi Teknis Pembukuan Sederhana Pada Pabrik Roti Tanjung Jaya Bakery Sesuai Dengan (SAK EMKM). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JIMAWAbdi), 1(2), 62-66.

Irhandayaningsih, A. (2019). Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 3(2), 109-118.

Lutfi, L., Sumardi, A., Farihen, F., & Ilmia, G. (2021, February). Pendampingan Kegiatan Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Zulkarnain, I., Khair, O. I., Amirudin, A., & Nurhamdi, M. (2021). Pelatihan Dan Penyuluhan Untuk Mencetak Generasi Sumber Daya Manusia Yang Unggul. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JIMAWAbdi), 1(2), 86-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jmab.v1i3.14713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Author :

PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang Tangerang Selatan – Banten
Telp. (021) 7412566, Fax (021) 7412491
Email : jimawabdi@unpam.ac.id