Membangun Jiwa Wirausaha Dengan Pemanfaatan Platform Media Sosial Dan Marketplace

Muhammad Farhan, Siti Nur Sasanah, Edi Setiyawan, Irenne Putren

Abstract


Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pemanfaatan platform media sosial dan marketplace kepada remaja sekitar Gang Kembang RT 002 RW 008 Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini ditujukan agar remaja Gang Kembang dapat membangkitkan jiwa kewirausahaan dengan cara memanfaatkan platform pada media sosial dan marketplace yang saat ini sangat trend dan sangat diminati oleh banyak orang. Metode kegiatan PKM ini yaitu dengan metode persentasi memberikan pemaparan materi secara langsung dan membahas tentang strategi media sosial dan marketplace yang efektif, lalu dilanjutkan dengan tanya-jawab. Hasil pengabdian kepada masyarakat adalah remaja Gang Kembang menjadi paham dan bijak dalam menggunakan media sosial marketing lalu memillih platform media sosial yang tepat dan menggunakan marketplace untuk berwirausaha.

 

Kata Kunci: Manfaat; Wirausaha; Media Sosial; Marketplace


Full Text:

PDF

References


Aplikasi Media Sosial Terpopuler di Dunia, P. B. (2021, Juli 1). Retrieved from TELSET: https://telset.id/apps/aplikasi-media-sosial-populer/

Adhimursandi, D. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(1):193-210.

Andarini, D. P., Imani, K., & Putri, S. F. (2021). Media Sosial: Sarana Pengembangan Jiwa Kreatif Kewirausahaan Muda (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi UM). Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics, 1(3), 23-35.

Apa itu Marketplace? Inilah Pengertian dan Jenis-jenisnya. (2020, Oktober 13). Retrieved from https://accurate.id/marketing-manajemen/apa-itu-marketplace/

Budianto, A. E., Dianawati, E., & Iswahyudi, D. (2017). Penerapan Program Pengembangan Kewirausahaan pada Mahasiswa (Tenant) di Universitas Kanjuruan Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 93-103.

Darusman, Y. M., Bastiano., Susanto., Wiyono, B., & Benazir, D. M. (2021). Penyuluhan Pentingnya Pemahaman Tentang Kemanfaatan Dan Kemudaratan Media Sosial Di Desa Kewunglarang. Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis. LOKABNAS Kreatif, 02(02) Hal.62-67.

Hendro. (2011). Dasar - Dasar Kewirausahaan : Panduan Bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis. Erlangga.

Indoworo, H. E. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media. Jurnak Informatika UPGRIS, 2(1).

Isrifara, H., Purwanti, R. D., Nuraziz, A. S., Hakim, I. A., Almusawa, S. H. A., & Erlangga, A. (2021). Pemanfaatan Media Digital dalam Pemasaran Produk di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Mengabdi, 1(1), 29-34.

Lismiatun, Fitria, J. R., Yanuarso, B. P., Maulida, H., & Widiyanti, S. D. (2021). Penyuluhan dan Pemahaman Pemasaran Produk yang Kreatif dan Inovatif pada UMKM Merta Yasa, Bambu Mas, Desa Belega, Kabupaten Gianyar, Denpasar, Bali. Jurnal LOKABMAS Kreatif, 2(2), 51-57.

Mahariska, S. T. (2018). Pengaruh Pemasaran Media Sosial dan Marketplace terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Produk Kecantikan di Sagara Volcanic Mud Mask Bandung. Prosiding Management Universitas Islam Bandung, 4(2).

Mau Jadi Reseller atau Drop Shipper? Pelajari ini dulu. (2018, Maret 14). Retrieved from https://www.cermati.com/artikel/mau-jadi-reseller-atau-drop-shipper-pelajari-ini-dulu

Muniarty, P., Nurhayati., Haryati, I., Jaenab., Pratiwi, A., & Nurulrahmatiah, N. (2021). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Peserta Pengenalan Kehidupan Kamus bagi Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3),.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya., Shabrina, N., Krisnaldy. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Top 10 Marketplace E-Commerce Indonesia yang Paling Banyak Pengunjungnya. (2021, Juni 24). Retrieved from https://www.sirclo.com/top-10-marketplace-e-commerce-indonesia-yang-paling-banyak-pengunjungnya/




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jmab.v1i3.14726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Author :

PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang Tangerang Selatan – Banten
Telp. (021) 7412566, Fax (021) 7412491
Email : jimawabdi@unpam.ac.id