Edukasi Kewirausahaan Dalam Kemandirian Remaja Masjid Ar Ridwan Pamulang

Gatot Kusjono, Mardiana Yulianti, Sugeng Widodo, Nuraini Yusuf, Fathorrahman Fathorrahman, Khayatun Nufus

Abstract


Karakter wirausaha merupakan salah satu cerminan dari revolusi karakter yang ditunjukkan ciri kepribadian individu yang mengarah pada jiwa-jiwa kemandirian. Kondisi pandemic Covid 19 menuntut kreatifitas untuk mandiri dalam segala hal, termasuk dalam hal mengembangkan usaha. Karenanya pengabdian kepada masyarakat ini diperuntukkan bagi generasi muda untuk bangkit dan mandiri dengan tujuan edukasi kewirausaan bagi remaja masjid dalam mempersiapkan diri menjadi generasi yang mandiri dan mampu membuat usaha sendiri. Peserta pelatihan berjumlah 15 orang peserta dengan menggunakan metode pelatihan yaitu lecture,  demonstrasi dan pendampingan. Hasil pelatihan diperoleh bahwa peserta sangat tertarik berminat untuk memiliki usaha sendiri, hal ini sesuai dengan jawaban responden bahwa materi yang diberikan jelas, mudah diikuti dan relevan dengan objektivitas pelatihah  sebanyak 14 orang (96 %) menyatakan sangat baik. Selain itu Sebagian besar peserta pelatihan tertarik untuk mengembangkan usaha mandiri.

 

Kata Kunci: Edukasi; Kewirausahaan; Remaja Masjid; Mandiri.

Full Text:

PDF

References


Samarinda. S. Vh., and E. Susilowati, (2016), Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK melalui Pelatihan dan Pendampingan Produksi Sabun dan Detergent, p. 10.

Sampepana, Suroto Hadi Saputra, (2013) Jurnal Riset Teknologi Industri, Pemanfaat Metil Ester Sulfonat pada Pembuatan Deterjen Cair, Eldha, Balai Riset, dan standarisasi Industri

Supandi, E., (2017), Analisis Keunikan Sumber daya dan Strategi Keunggulan Bersaing Produk Kreatif (Studi pada Saung Angklung Udjo Bandung Jawa Barat), J. Manag. Bussnies Rev., Vol. 14, No. 2.

Suryana. (2007). Kewirausahaan, Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Wiley & Sons, Inc. Dessler, Gary, (2017), Human Resource Management, Seventh Edition, Prentice Hall, Inc., New Jersey.

Alma. B, (2007). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Cut Zurnali, (2014), Pengaruh Pelatihan, dan Motivasi Terhadap Perilaku Produktif Karyawan pada Divisi Long Distance PT Telkom Indonesia, Tbk, Tesis, Program Pascasarjana Unpad, Bandung.

De Cenzo and Robbins, (2019), Human Resource Management, Sixth Edition, New York, John

Purnomo, RA, (2016), Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia, p. 111. Sadilah, E., (2010), Ekonomi Kreatif, Jantra, Vol. V, no. 9.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jmab.v1i3.16672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Author :

PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang Tangerang Selatan – Banten
Telp. (021) 7412566, Fax (021) 7412491
Email : jimawabdi@unpam.ac.id