Adaptasi Usaha Rempeyek Merespon dampak Pademi Korona, dengan Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan penghasilan Usaha

Authors

  • Kemas Vivi Andayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Dwi Amara. L.F. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Dipa Anasta I. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Doni Septiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Dodi Setiawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Tria Dewi Ma'rifat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jmab.v1i3.16769

Abstract

Pandemi virus Corona memaksa kita semua untuk bisa bertahan dari segala macam cobaan, salah satunya ekonomi. Selama pandemi banyak masyarakat Indonesia yang terdampak, misalnya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dengan begitu penghasilan setiap bulannya pun terganggu.Pandemi Covid-19 telah melumpuhkan kegiatan ekonomi, terutama yang terdampak kebijakan pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran virus korona jenis baru. Namun, di tengah kondisi seperti ini, ada saja peluang usaha baru yang bisa dimanfaatkan agar kegiatan usaha tetap berjalan dan berkembang. Oleh karena itu, memiliki penghasilan tambahan diinginkan banyak orang, apalagi di tengah pandemi virus Corona alias COVID-19. Salah satu yang bisa menghasilkan penghasilan tambahan adalah usaha atau berdagang. Salah satunya usaha Rempeyek, usaha ini dijalankan masyarakat di tengah pandemi Corona. Usaha tersebut tentunya dengan modal yang minim usaha Rempeyek ini bisa dijalankan walaupun dengan modal Rp 1 juta atau bahkan kurang. Jenis usaha tersebut merupakan makanan yang memiliki berbagai cita rasa sehingga mampu menarik banyak konsumen untuk membelinya. Usaha Rempeyek ini bagi masyarakat berpeluang mencatatkan keuntungan lumayan besar.

 

Kata kunci: Pandemi; PHK; Usaha; Rempeyek; Berkembang

References

Wikipedia..org. 2020. Strategi Pemasaran di https://id.wikipedia.org/wiki/Strategi_pemasaran (di akses 1 Maret)

M.Prawiro. 2018. Strategi Pemasaran: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya di https://www.mamxmanroe .com/vid/marketing/pengertian-strategi-pemasaran.html (di akses 1 Maret)

Kompas.com. 2021. Usaha Makanan Online di https://www.kompas.com/food/read/2021/01/29/131700175/tips-mulai-usaha-makanan-online-dari-pengusaha-yang-sukses-saat-pandemi (di akses 3 Maret)

Mujaini. 2020. Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula dengan Modal Kecil di https://www.kompasiana.com/mujaini/5fde8657d541df41d92d0b47/cara-memulai-bisnis-online-untuk-pemula-dengan-modal-kecil (di akses 3 Maret)

Dani Saputro, Aris. 2020. Strategi Meningkatkan Penjualan untuk Mengalahkan Kompetitor Toko Online di https://www.kompasiana.com/aris75717/5fcb289c8ede486ecc6746b2/strategi-meningkatkan-penjualan-untuk-mengalahkan-kompetitor-toko-online (di akses 3 Maret)

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Andayani, K. V., Amara. L.F., D., Anasta I., D., Septiawan, D., Setiawan, D., & Ma’rifat, T. D. (2021). Adaptasi Usaha Rempeyek Merespon dampak Pademi Korona, dengan Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan penghasilan Usaha. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi, 1(3), 164–169. https://doi.org/10.32493/jmab.v1i3.16769

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.