Optimalisasi Uang Saku Saat Pamdemi Covid-19 Untuk Hal-Hal Yang Bermanfaat Pada Siswa-Siswi Kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik, Ciseeng, Bogor

M. Zaenal Muttaqin Abdi, M. Yuda Alhabsyi, Lismiatun Lismiatun, ABdul Azis, Ana Septia Rahman

Abstract


Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu TriDharma  Perguruan Tinggi. Selain itu agar para siswa dan siswi Pondok Pesantren Al-Manar Cibeunteung, Ciseeng, Bogor dapat lebih memahami bagaimana penggunaan dan pemanfaatan uang dimasa Pandemi seperti saat ini agar lebih tepat, cermat dan hemat sesuai dengan kebutuhan, tidak boros atau mempergunakan uang dengan tidak tepat. Metode kegiatan yang digunakan adalah kami  melakukan survey dengan mendatangi lokasi serta melakukan wawancara dan observasi kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al-Manar, Cibeunteung Ciseeng, Bogor dan menyampaikan maksud akan memberikan pelatihan pada tanggal 9-11 April 2021. Seminar ini bertujuan agar para siswa/siswi ataupun seluruh pengurus Pondok Pesantren Al-Manar Cibeunteung, Ciseeng, Bogor mampu mengelola keuangan harian mereka dengan cermat yang tentunya harus didasari dengan memiliki pengetahuan manajemen keuangan yang baik. Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan dan pengalaman para siswa siswi dan seluruh pengurus Pondok Pesantren Al-Manar, Cibeunteung, Ciseeng, Bogor yang selama ini masih minim tentang manajemen keuangan, cara memanfaatkan serta mengelola uang saku atau jajan yang diberikan oleh orang tua sehingga masih bisa menyisihkan untuk menabung atau bahkan untuk membeli quota untuk proses belajar mengajar atau berkomunikasi dengan keluarga.

 

Kata Kunci: Manajemen; Uang; Teknologi


Full Text:

PDF

References


Akhmad Mujahidin, Ekonomi Islam, (Jakarta: RajaGrafindo, 2013), h. 59.

Eka Hardianti, Pola Pemanfaatan Uang Saku Mahasiswa Departamen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, (Makassar: Skripsi Sarjana, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,2017), h. 19.

Hasnira, Pengaruh Pendapatan dan Gaya Hidup Terhadap Pola Konsumsi Masyarakat Wahdah Islamiyah Makassar, (Makssar: Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 2017), h. 31.

Mulyadi S, Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif Pembangunan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2003), Hlm. 31.

Nur Rianto, Teori Makroekonomi Islam, (Bandung: Alfabeta, 2010), h. 57.

Seto, M dan trizki L., Financial Parenting: Menjadikan Anak Cerdas dan Cermat Mengelola Uang. Naura Books. Jakarta. Hlm. 22.

Sobri mersi al-faqi, Solusi Problematika Rumah Tangga Modern, Sukses Publishing, Surabaya, 2015. Hlm 402.




DOI: http://dx.doi.org/10.32493/jmab.v1i3.16772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Author :

PROGRAM STUDI MANAJEMEN UNIVERSITAS PAMULANG
JL. Surya Kencana No.1 Pamulang Tangerang Selatan – Banten
Telp. (021) 7412566, Fax (021) 7412491
Email : jimawabdi@unpam.ac.id