Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk Halal
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmw.v1i2.10105Abstract
Penelitian ini tentang pembelian produk halal, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh religiusitas terhadap minat pembelian produk halal. Metode yang dilakukan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi yang digunakan adalah seseorang yang pernah berbelanja produk makanan CNI Street Food di Jakarta Barat. Sampel penelitian ini berjumlah 125 orang yang diambil dengan cara Purposive sampling. Teknik analisis datanya menggunakan uji T, koefisien determinan serta dilanjutkan dengan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis data yang dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan persamaan Y = 23,702 + 0,834X, yaitu terdapat pengaruh atau perubahan antara religiusitas terhadap minat pembelian produk halal dibuktikan dengan nilai T untuk Religiusitas 8,033 > 1,979 signifikasi 0,0 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 0,391 yang berarti 39,1 % minat pembelian masyarakat terhadap produk halal untuk konsumsinya dijelaskan oleh variabel tersebut. Sedangkan sisanya 60,9 % dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.Kata Kunci: Religiusitas; Minat Pembelian; Produk Halal
References
Agama Rl, Departemen. Al-Qur’an Terjemah Al-Jumanatul ’Ali. Bandung: J-ART, 2005.
———. Panduan Sertifikasi Halal. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji, 2008.
Ancok, Djamaludin, and Suroso Fuad Nashori. Psikologi Islami: Solusi Islam Atas Problema-Problema Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 20011.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.
BSN, Humas. “BSN Bersama Stakeholder Bahas Perkembangan Sertifikasi Halal Di Indonesia.†BSN (blog), 2014. https://bsn.go.id/main/berita/berita_det/5006/BSN-bersama-Stakeholder-Bahas-Perkembangan-Sertifikasi-Halal-di-Indonesia.
Charles, Yoseph, and Carl McDaniel. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat, 2001.
.com, Kledo. “Mau Daftar Sertifikasi Halal MUI? Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi,†n.d. https://kledo.com/blog/cara-mendapatkan-sertifikal-halal-mui/.
Damayanti, Imas, and Friska Yolanda. “Kesadaran Halal Konsumen-Produsen UKM Masih Rendah.†Republika (blog), 2019. https://republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/19/06/28/ptsonl370-kesadaran-halal-konsumenprodusen-ukm-masih-rendah.
Daradjat, Zakiyah. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1975.
Darussalam, A. “PENDEKATAN PSIKOLOGI DALAM STUDI HADIS (SEBUAH PENGANTAR)†22 (2020): 9.
Djaelani. “Makalah Regresi Linier Statistik Pendidikan.†Blogspot, 2017. https://djaelanibahasaindonesia.blogspot.com/2017/06/makalah-regresi-linier-statistik.html.
Ghozali. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro., 2005.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS23. 9th ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
Glock, C. Y., and R. Stark. Religion and Society in Tension. Chicago: Rand McNally, 1965.
H. Robert, Thouless. Pengantar Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995.
Husein, Umar. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta, 2000.
Ikatan Akuntan Indonesia, IAI. Kerangka Dasar Penyusunan Penyajian Pelaporan Akuntansi Syariah. KDPPLKS, 2007.
Jalaluddin. Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Juni Priansa, Donni. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2017.
Kertamukti, Rama. Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2015.
Kotler, Philip, and Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2009.
Morrisan. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana, 2012.
Mukri, Rusdiono. “Tren Gaya Hidup Halal.†Gontornews.Com (blog), 2016. https://gontornews.com/tren-gaya-hidup-halal/.
Mutiah Rambe, Yuli, and Syaad Afifuddin. “PENGARUH PENCANTUMAN LABEL HALAL PADA KEMASAN MIE INSTAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN MASYARAKAT MUSLIM (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Al-Washliyah, Medan).†Universitas Sumatera Utara, n.d., 39.
Nazir, M. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1999.
Noor, N, N. L. Noor, and Z. Samicho. “Strategic Approach to Halal Certification System: An Ecosystem Perspective,†Procedia - Social and Behavioral Sciences, 121, no. International Halal Conference (2014): 79–95.
Oei, Istijanto. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Indeks Kelompok GRAMEDIA, 2010.
Philip, Kotler, and Keller Kevin Lane. Marketing Management Fourteenth Edition. New Jersey: Pearson Education, 2012.
Priyatno, Duwi. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi, 2014.
Priyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatma Publishing, 2016.
Pusat Statistik, Badan. “Provinsi DKI Jakarta Dalam Angka 2019,†2019. https://jakarta.bps.go.id/publication/2019/08/16/eea4f4b387c3024bb4a3a7fc/provinsi-dki-jakarta-dalam-angka-2019.html.
R., Ali. “Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Kecemasan Moral Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Wangsa Manggala.†Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Wangsa Manggala., 2007.
Republik Indonesia, Lembaga Negara. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 1974 TENTANG POKOK-POKOK PEMERINTAHAN DI DAERAH,†1974. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/1974/5TAHUN~1974UU.HTM.
Sahid, Raharjo. “Uji Homogenitas Dengan Program SPSS,†2014. https://www.konsistensi.com/2014/02/uji-homogenitas-dengan-program-spss.html.
———. “Uji Homogenitas Dengan Program SPSS,†2014. https://www.konsistensi.com/2014/02/uji-homogenitas-dengan-program-spss.html.
Siregar, Syofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Sudarmanto, Gunawan. Statistik Terapan Berbasis Komputer Dengan Program IBM SPSS Statistics 19. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2010.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2012.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2014.
———. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sukmadinata, Syaodih Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Sukresna, Kurniawan. “Cara Dan Syarat Memperoleh Sertifikat Halal MUI.†Tirto.Id (blog), 2019. https://tirto.id/cara-dan-syarat-memperoleh-sertifikat-halal-mui-ejQC.
Suliyanto. Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi, 2011.
Supriyono. “Kepercayaan Dan Minat Beli Di Sub Forum Jual Beli†10 (2010): 2.
Suryani, and Hendryadi. Metode Riset Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen Dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana, 2015.
Wijaya, Tony. Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Wikipedia. “Jakarta Barat,†2013. https://ms.wikipedia.org/wiki/Jakarta_Barat.
———. “Kota Administrasi Jakarta Barat,†2020. https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Administrasi_Jakarta_Barat#Batas_Wilayah.
Yeremia Effendy, Alvin, and Yohanes Sondang Kunto SSi., MSc. “Pengaruh Customer Value Proposition Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Consumer Pack Premium Baru Bogasari†1 (2013): 1–8.
Yunuz, M., W. Rashid, M. Ariffin, and M. R. “Muslim‟s Purchase Intention Towards Non-Muslim‟s Halal Packaged Food Manufacturer.,†Procedia. Social And Behavioral Sciences., n.d., 145-154.
Zulham. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Kencana prenada Media Grup, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.