Rancang Bangun Sistem Informasi Kampung Sebagai Media Pelayanan Warga Berbasis Web

Nanda Dewa Putra

Abstract


Kampung Hegarmanah merupakan salah satu bagian dari desa parung panjang kecamatan parung panjang yang berada di kabupaten bogor. Pada saat ini keadaan sistem yang berjalan masih menggunakan sistem yang  belum terkomputerisasi, dengan menggunakan selembar kertas yang di cetak sehingga  resiko kehilangan data masih sangat besar, warga dalam menyampaikan kritik dan saran dari warga belum tertampung dengan baik. Kemudian warga untuk mengajukan surat pengantar atau surat keterangan warga harus datang langsung ke rumah ketua Rt untuk mendapatkan surat yang dibutuhkan, kemudian ketua Rt mengisikan data warga pada selembar kertas surat pengantar, apabila ketua Rt tidak ada di rumah atau tidak ketemu maka warga akan menunggu lama untuk membuat surat pengantarnya sehingga terpaksa tertunda pembuatannya. Hal ini di anggap kurang efisien bagi warga yang mempunyai jadwal kegiatan yang padat. Rancang Bangun Sistem Informasi Kampung Sebagai Media Pelayanan Warga ini menggunakan metode waterfall untuk mengatasi permasalahan diatas, dalam pengembanganya. Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Informasi Kampung Sebagai Media Pelayanan Warga, sehingga sistem ini  dapat memudahkan warga dalam melaporkan saran, ide atau kritik pada ketua Rt dan membantu mempermudah ketua Rt dalam memberikan informasi kepada warganya. Selain itu, sistem ini dapat membantu meningkatkan pelayanan warga Rt 002.


Full Text:

PDF

References


K. Anam And A. T. Muharram, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Mi Al-Mursyidiyyah Al- ‘ Asyirotussyafi ’ Iyyah,” Vol. 11, No. 2, 2018.

S. Widodo, “Sistem Informasi Rt / Rw Sebagai Media Komunikasi Warga Berbasis Web,” No. January 2014, 2016.

Annisah, “Usulan Perencanaan Smart City : Smart Governance Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko * Smart City Planning Proposal : Smart Governance For Regional Government Of Mukomuko

Regency,” Pp. 59–80, 2017.

H. Gustian Et Al., “Sistem Informasi Forum Diskusi Layanan Mandiri Online Warga Rw09 Kelurahan Karadenan Kecamatan Cibinong,” Vol. 3, No. 1, Pp. 46–54.

N. Ratama, “Analisa Dan Perbandingan Sistem Aplikasi Diagnosa Penyakit Asma Dengan Algoritma Certainty Factor Dan Algoritma Decision Tree Berbasis Android,” J. Inform. J. Pengemb. It, Vol. 3, No. 2, Pp. 177–183, 2018.

N. Ratama, “Satin – Sains Dan Teknologi Informasi Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning Untuk Mendukung,” Satin – Sains Dan Teknol. Inf., Vol. 5, No. 2, Pp. 59–67, 2019.

Munawaroh, “Satin – Sains Dan Teknologi Informasi Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Matakuliah Pengantar,” Satin – Sains Dan Teknol. Inf., Vol. 5, No. 2, Pp. 17–24, 2019.

Munawaroh, “Penerapan Metode Fuzzy Inference System Dengan Algoritma Tsukamoto,” J. Inform. J. Pengemb. It Poltek Tegal, Vol. 03, No. 02, Pp. 184–189, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By:

 

 

JOAIIA : Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (ISSN: 2716-1501 )
Copyright © 2016-2019 Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.