Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Untuk Rekam Medis Rawat Jalan Pada Klinik Pratama Afiyah Medika Berbasis Desktop

Aditya Pamungkas

Abstract


Klinik pratama afiyah medika merupakan salah satu salah satu institusi pelayanan kesehatan.  Pada saat ini, kegiatan seperti mengelola data pasien, rekam medis pasien, data dokter, pada Klinik Pratama Afiyah Medika masih dilakukan cara manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pencarian data pasien.  Tujuan yang diinginkan yaitu mengusulkan sistem informasi untuk mempermudah dalam pengelolaan data pasien, dan data rekam medis. Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Rekam Medis ini menggunakan metode pengembanan sistem waterfall. Sedangkan dalam penerapan sistem, mengunakan bahasa java dan database MYSQL.  Penelitian ini membantu dalam pengelolaan data pasien dan pencarian data pasien ataupun data dokter.  Sistem ini juga membantu dalam kegiatan rekam medis dimana rekam medis pasien yang terdahulu bisa diakses pada sistem informasi ini.  Selain itu, sistem ini dapat membantu meningkatkan pelayanan klinik.


Full Text:

PDF

References


S. Dian and H. Permana, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PASIEN ( SIPASIEN ),” vol. 11, pp. 27–33, 2015.

K. S. Bhakti, “SISTEM INFORMASI INVENTARIS LABORATORIUM BERBASIS WEB Excel , sehingga mempersulit dalam Inventaris Laboratorium pada STIKes Bhakti Mandala Husada Slawi yang,” pp. 7–10.

N. Ratama, “SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Perancangan Sistem Informasi Sosial Learning Untuk Mendukung,” SATIN – Sains dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 59–67, 2019.

I. M. Hanif et al., “MEDIS BERBASIS CLIENT-SERVER STUDI KASUS KLINIK CIPANAS,” pp. 41–49, 2015.

Munawaroh, “SATIN – Sains dan Teknologi Informasi Penerapan Teknologi Augmented reality Pada Matakuliah Pengantar,” SATIN – Sains dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 17–24, 2019.

P. S. Ke- et al., “Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 315,” pp. 315–322, 2015.

A. Oluwafemi and J. Ibrahim, “Expert System for Diagnosis Neurodegenerative Diseases,” Int. J. Comput. Inf. Technol., vol. 04, no. 04, pp. 2279–764, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By:

 

 

JOAIIA : Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications (ISSN: 2716-1501 )
Copyright © 2016-2019 Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang. All rights reserved.